Formulir EMIS Online Guru PAI Jateng

Pendaataan Guru PAI melalui EMIS kembali dilakukan untuk tahun pelajaran 2015/2016. Untuk memudahkan pendataan, salah satu upaya yang dilakukan Kemenag Provinsi Jawa Tengah dengan membuat formulir EMIS bagi Guru PAI Jawa Tengah. Kemenag Provinsi Jawa Tengah telah membuat Formulir pendataan EMIS PAIS berbasis Google Form. Pendataan EMIS bagi guru PAI SD, SMP, SMA dan SMK dapat diakses melalui link berikut.


Bagi anda, para guru PAI di Jawa Tengah silakan cek link tersebut untuk melakukan pengisian data Guru PAI di provinsi Jawa Tengah. Data EMIS tersebut merupakan pengelolaan data yang setiap tahun dilakukan. Pada tahun-tahun sebelumnya pendataan dilakukan dengan aplikasi yang dibuat pada Microsoft Excel. Banyak kelemahan yang didapatkan pada pendataan tersebut. Misalnya, data yang tidak lengkap, ada ada beberapa kolom yang tidak diisi, sehingga informasi menjadi sangat kurang atau bahkan tidak valid.

Informasi tentang formulir online ini saya peroleh dari sosialisasi pendataan EMIS bagi operator EMIS PAI Kota Surakarta. Kegiatan tersebut digelar pada tanggal 4 Juni 2015 di RM Pring Sewu Solo. Pendataan melalui EMIS bagi guru PAI merupakan hal yang sangat penting dalam pengelolaan informasi. Data pendidikan Islam sangat penting artinya dalam upaya meningkatkan akses dan mutu pendidikan Islam secara nasional.

Saking pentingnya pendataan EMIS tersebut, Dirjen Pendis menggelar Emis Award bagi provinsi dengan pengelolaan data EMIS terbaik. Informasi yang diperoleh dari website Pendis Kemenag sebagai berikut.

Adapun penerima penghargaan EMIS Award Tahun 2015 adalah:
1) Propinsi dengan Pencapaian 100% dalam Pelaksanaan Updating Data EMIS Bidang Pendidikan Madrasah TP 2014/2015, yakni sebanyak 31 Kanwil Kementerian Agama Tingkat Propinsi;

2) Propinsi dengan Pencapaian 100% dalam Pelaksanaan Updating Data EMIS Bidang Pendidikan Madrasah TP 2014/2015 dengan Data Terbanyak yakni Kanwil Kementerian Agama Propinsi Jawa Barat, Kanwil Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah, dan Kanwil Kementerian Agama Propinsi Jawa Timur;

3) Propinsi dengan Pencapaian 100% dalam Pelaksanaan Updating Data EMIS Bidang Pendidikan Madrasah TP 2014/2015 dengan Updating Data Tercepat yakni Kanwil Kementerian Agama Propinsi Kalimantan Utara;

4) Propinsi dengan Data Terlengkap dalam Pelaksanaan Updating Data EMIS Bidang PAI dan Bidang Pontren yakni Kanwil Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Selatan.

Para pengelola data dan sistem informasi di tingkat pusat dan daerah diharapkan mampu bersinergi dan berkontribusi secara positif baik dalam sisi kebijakan maupun teknis, agar ke depannya tidak ada lagi keterlambatan atau deviasi, dengan demikian data yang valid dan tepat waktu tersebut mampu dijadikan dasar guna proses pengambilan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat luas.




Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Formulir EMIS Online Guru PAI Jateng"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top