Raih Pahala dengan Kreatif Beramal


Bulan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu umat Islam. Selain berpuasa, banyak amalan lain yang dilakukan pada bulan suci ini. Seperti salat Tarawih, salat Witir, Tadarus, bersedekah, beriktikaf dan amalan lainnya. Semua amal saleh yang dilakukan di bulan Ramadan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah swt.

Imam Thabrani meriwayatkan suatu hadits dari sahabat Ubadah bin Shamit r.a. bahwa suatu hari di bulan Ramadan, Rasulullah saw. bersabda sebagai berikut.
 جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ بَرَكَةٌ ، يغشاكُمُ اللهُ فِيْهِ ، فَيَنْزِلُ الرَّحْمَةَ ، وَيحط الْخَطَايَا ، وَيَسْتَجِيْبُ الدُّعَاءَ ، يَنْظُرُ اللهَ إِلَى تَنَافسكُمْ فِيْهِ فيباهي بِكُمُ مَلَائِكَتِهِ ، فَأَرُوا اللهَ مِنْ أَنْفُسِكُمْ خَيْراً ، فَإِنَّ الشقي مِنْ حُرِّمَ فِيْهِ رَحْمَةُ اللهِ " [ رواه الطبراني في الكبير عن عبادة ابن الصامت ] 
“Telah datang bulan Ramadhan kepada kalian, bulan barakah yang di dalamnya Allah mendatangi kalian. Maka turunlah rahmat. Dan dihapuskanlah kesalahan-kesalahan. Di bulan itu Allah mengabulkan doa. Di bulan itu Allah melihat (memperhatikan) perlombaan di antara kalian. Dan Allah membanggakan kalian kepada para malaikatNya. Maka perlihatkanlah kepada Allah kebaikan sebab orang yang celaka adalah yang tidak mendapatkan rahmat Allah di dalamnya “. (H.R. Thabrani dari Ubadah bin As-Shamit dalam kitab Al-Kabir).

Pada hadis tersebut ada hal menarik tentang amalan di bulan Ramadan. Selain bulan yang penuh berkah, penuh rahmat Allah. Banyak kesalahan yang dihapuskan dan doa-doa dikabulkan. Hal yang menarik adalah pernyataan dalam hadis itu bahwa "Allah melihat / memerhatikan perlombaan di antara kalian dan Allah membanggakan kalian kepada para malaikat-Nya." Nah, pada bulan Ramadan ini, umat Islam dituntut untuk berlomba-lomba dalam beramal kebaikan. Di dalam Al-Qur'an dikenal dengan istilah Fastabiqul Khairat / berlomba dalam kebaikan.

Mengapa hal tersebut menarik? Karena sebuah perlombaan dibutuhkan niat yang serius, ketekunan dan tentu saja kreatifitas. Begitu juga dalam melakukan perlombaan mengumpulkan amalan kebaikan di bulan Ramadan. Tentu juga dibutuhkan ketekunan, keseriusan dan kreatifitas dalam beramal. Dengan demikian, kita dituntut untuk kreatif dalam melakukan amal ibadah di bulan Ramadan. Misalnya, jika kita hendak mengkhatamkan Al-Qur'an di bulan Ramadan, tentu kita harus kreatif dalam membuat perencanaan dan manajemen waktu agar bisa mengkhatamkan bacaan Al-Qur'an tersebut.
Keseriusan, ketekunan dan kreatifitas beramal perlu dilakukan agar mendapatkan banyak pahala di sisi Allah swt. Bukankah pahala yang didapat di bulan Ramadan akan berlipat ganda. Sebagaimana sabda Rasulullah saw. sebagai berikut.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan 10 kebaikan yang semisal hingga 700 kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151).

Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Khuzaimah disebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Siapa saja yang mendekatkan diri kepada Allah  dengan perbuatan baik (sunnah/mandub) pada bulan Ramadhan, (ia diganjar pahala) sama seperti menunaikan suatu kewajiban (fardhu) pada bulan yang lain.  Siapa saja yang menunaikan kewajiban (fardhu) di bulan Ramadlan , (ia diganjar pahala) sama dengan orang yang mengerjakannya 70 kali kewajiban tersebut di bulan yang lain”.

Nah, dengan banyaknya amalan di bulan Ramadan, kita akan memperoleh banyak pahala berlimpah di bulan Ramadan. Jika kita melihat di sekitar kita, banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mengisi bulan Ramadan. Di Musala atau masjid di sekitar kita, banyak digelar kegiatan kreatif untuk mengisi bulan Ramadan. Seperti kegiatan mengaji / TPA untuk anak-anak, kegiatan Tadarus untuk ibu-ibu di malam hari sehabis Tarawih, kegiatan pengajian Nuzulul Qur'an, kegiatan Buka Bersama, Iktikaf, ataupun kegiatan berkeliling membangunkan Sahur.

Banyak media massa seperti televisi, radio maupun media cetak juga menggelar kegiatan-kegiatan kreatif untuk mengisi bulan Ramadan. Di TV, kita bisa menemukan kegiatan pencarian bakat, seperti kampanye berhijab yang digelar dalam bentuk Hijab Hunt, kegiatan pencarian bakat berdakwah seperti Pildacil/Aksi Da'i, kegiatan pencarian bakat dalam bidang seni Islam, seperti Marawis, Hadrah, rebana, dan sebagainya.

Banyak kegiatan kreatif dilakukan di bulan Ramadan. Semuanya dalam rangka untuk meraih pahala yang melimpah dengan memanfaatkan moment Ramadan.

Berikut saya sertakan beberapa catatan kegiatan kreatif untuk mengisi Ramadan yang pernah saya lakukan.
1. Nonton Film Islam bareng anak-anak Bimbel.

Ya, anak-anak bimbel / les-lesan biasanya belajar pelajaran sekolah bareng tutor-tutornya. Tapi, untuk bulan Ramadan, ada yang berbeda dari Bimbel Success ini. Diisi dengan kegiatan Ngabuburit. Salah satunya adalah Nonton film Islam. Ya, tentu seru, sambil menunggu waktu berbuka puasa. Ada kegiatan menarik buat mereka. Selain belajar mengaji, menonton film Islam dapat menambah pengalaman dan pengetahuan mereka tentang Islam. Apalagi film yang diputar adalah The Messenger yang mengisahkan Sejarah Nabi Muhammad saw.

2. Serunya buka bersama bareng Siswa

Salah satu kegiatan yang menarik dan seru adalah buka bersama. Kali ini barena murid-murid saya SMP 25 Surakarta. Meski kegiatan hanya sederhana, dengan menu yang sederhana, namun momen kebersamaan dapat tercipta di sana.

3. Menyusun jadwal Ceramah Ramadan 

Salah satu kegiatan rutin yang saya lakukan menjelang bulan Ramadan adalah menyusun Jadwal untuk kegiatan ceramah / kultum sehabis salat Tarawih. Kegiatan ini saya lakukan dengan terlebih dulu menghubungi beberapa ustaz di sekitar kompleks perumahan agar mereka dapat menjadi imam sekaligus kultum ba'da tarawih. Jika ini tidak dilakukan, sudah barang tentu, kegiatan ibadah salat Tarawih di malam bulan Ramadan bisa-bisa tidak terkelola dengan baik.

4. ngaBLOGburit bersama blogdetik.

Kegiatan yang tidak boleh terlupakan adalah ngaBLOGburit. Sebagai blogger, tentu kegiatan seperti ini sangat perlu diikuti. ngaBLOGburit merupakan salah satu kegiatan kreatif yang dilakukan oleh blogger dalam rangka mengisi bulan Ramadan. Setiap sore menjelang buka puasa, selalu saja di depan laptop untuk menjawab tema yang dilempar oleh Admin ngaBLOGburit. Meski begitu, saya lebih sering gagal login di platform new.blogdetik.com. Entah karena apa, setiap kali mau login, atau mengeklik Tulis Blog, yang muncl adalah Redirecting, hanya berputar-putar, akhirnya Error. Meski begitu, tetap semangat, walau hanya memanfaatkan kesempatan di hari Jum'at yang boleh menggunakan platform lainnya.

5. Menyelesaikan revisi naskah buku

Salah satu kegiatan yang ingin saya lakukan selama bulan Ramadan ini adalah menyelesaikan revisi buku LKS dari salah satu penerbit di kota Solo. Meski deadline sudah lewat, namun hingga akhir Juni ini, belum kelar juga. Untungnya, manajer pracetak tidak ngoyak-ngoyak, alhamdulillah. Pengennya sih, selama Ramadan harus dapat terselesaikan. Semoga tercapai.

6. Tetap Produktif dan berEtos Kerja.


Meski puasa, kita harus tetap produktif, tetap memiliki semangat kerja yang maksimal. Apalagi di awal bulan puasa ini, sekolah ada kegiatan Penerimaan Siswa Baru. Harus ekstra waktu, ekstra pikiran dalam melayani masyarakat.



Tentunya, masih banyak kegiatan kreatif lainnya yang dapat dilakukan di bulan Ramadan. Kegiatan-kegiatan itu dilakukan dalam rangka meraih berkah ramadan dan mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.  Semoga Ramadan kita penuh dengan berkah dan rahmat dari Allah serta beroleh pahala yang melimpah dari sisi-Nya.


ngaBLOGburit 2015
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Raih Pahala dengan Kreatif Beramal"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top