Menu Sahur Special Prime Time TV



Sahur merupakan kegiatan kita setiap pagi ketika akan melakukan ibadah puasa. Pada waktu itu, hampir seluruh umat Islam bangun tidur untuk makan sahur. Selanjutnya pergi ke Masjid untuk tunaikan salat Subuh yang dilanjutkan dengan kuliah Subuh. Ada juga yang tidur setelah sahur.

Bagi dunia televisi, waktu sahur merupakan prime time di bulan Ramadan. Di mana, ini merupakan waktu yang paling baik untuk menggelar berbagai acara televisi dengan audiens jutaan pasang mata. Bukan tidak mungkin, ini juga menjadi waktu yang paling baik untuk menayangkan iklan di televisi. Berbagai produk pun banyak yang ditayangkan pada waktu-waktu prime time ini. Tak ayal, pendapatan televisi pun terkerek dengan program-program di waktu-waktu sahur semacam ini.

Ada seorang teman di twiter menuliskan cuitannya "Sahur e kok ora ono lucu-lucune koyo mbiyen sih". Kata seorang teman yang menunjukkan berbagai acara televisi saat sahur tidak ada lagi yang merupakan lelucon. Saya jadi ingat tahun lalu, banyak acara televisi saat sahur diisi dengan banyolan-banyolan.

Banyak acara-acara hiburan yang menjual kelucuan dan banyolan ditayangkan saat sahur. Namun, ada juga televisi yang menggelar acara taushiyah dalam bentuk ceramah maupun talkshow pada saat jam-jam sahur. Terkait dengan hal ini pun ada seorang teman di twitter yang menuliskan cuitannya, "Di TV One, KompasTV, MetroTV, dan AdiTV tausiyah bermakna, lainnya cuma lelucon tepung" Kebetulan ke-4 channel tersebut memang berisi taushiyah dari para ustaz. Ada yang bentuknya ceramah ada pula yang talkshow. Kebetulan juga untuk daerah Solo-Yogya dan sekitarnya, ke-4 channel tersebut berada pada frekuensi yang berdekatan dan berurutan. Adapun channel-channel lainnya isinya memang hiburan yang mengandalkan banyolan belaka. Atau istilah kawan saya menyebutnya "lelucon tepung". 

Tapi, itu kejadian tahun lalu, Kondisi sekarang sudah jauh berbeda. Ada acara audisi pencarian bakat tausiyah yang digelar salah satu TV swasta, ada pula yang menayangkan Film tokoh Islam seperti Umar bin Khattab dan Salahuddin Al-Ayyubu. Ada pula yang menayangkan ulang drama Jodha Akbar yang berlatar belakang kejayaan kerajaan Mughal di India yang berdiri pada abad pertengahan. Di samping banyak kegiatan taushiyah dan ceramah-ceramah agama yang digelar di waktu sahur.

Semoga Ramadan tahun ini benar-benar mendatangkan keberkahan bagi kita semua. Juga bagi bangsa Indonesia yang sedang diuji dengan berbagai persoalan ekonomi dan politik nasional. Semoga Ramadan dapat menyatukan umat Islam untuk membangun rasa peduli terhadap kebutuhan umat Islam akan pendidikan keagamaan yang lebih baik. Juga konten-konten media yang diharapkan selalu berkualitas dan mendukung suasana di bulan Suci Ramadan.


Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Menu Sahur Special Prime Time TV"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top