Akselerasi Peningkatan Mutu SDM Pendidikan lewat VCT Indonesia

VCT merupakan pelatihan bagi koordinator training virtual. Pada pelatihan ini, peserta diharapkan mampu mengelola Virtual Conference sebagai salah satu bentuk pelatihan secara online. VCI Indonesia  merupakan project dari SEAMEO (South East Asia Minister Education Organization), sebuah organisasi para menteri pendidikan di Asia Tenggara. Program ini juga diterapkan di beberapa negara anggota ASEAN.

Kemajuan Teknologi informasi saat ini, memudahkan para guru di seluruh Indonesia untuk bertemu secara digital. Mereka dapat berbagi informasi, kompetensi maupun berbagai kecakapan antar sesama guru. VCT ini menjembatani bertemunya para guru se-Indonesia dalam dunia virtual sekaligus meningkatkan skill guru dalam mengelola Virtual Conference.

Pada kegiatan Pelatihan VCT Indonesia tahun 2019 ini telah mencapai angkatan ke - 4. Pelatihan Batch 4 sendiri dilaksanakan pada Mei - Juni 2019.

Beberapa materi yang dapat ditemukan dalam pelatihan ini sebagai berikut.
1. Teknik Pembuatan Flyer dan form digital (Google Form) untuk recruitment peserta vicon
2. Teknik pembuatan narasi untuk promosi dan recruitmen peserta vicon
3. Teknik pembuatan presensi digital untuk kegiatan vicon dengan Zoho Form, Google Form, Jotform dan lainnya.
4. Teknik presentasi online melalui aplikasi webex.com
5. Teknik perekaman proses presentasi online
6. Teknik mengkreasi dan mengelola room webex sebagai moderator, host, dan presenter.
7. Teknik Upload video Youtube dan publikasi lewat Social Media Facebook, Twitter, instagram maupun lainnya.

Selama kegiatan training VCT ini, peserta diharapkan memiliki kecakapan mengelola vicon.
Pada pelatihan VCT sebelumnya, yakni VCT Bath 1, Batch 2 dan Batch 3 peserta mencapai ribuan pendaftar. Peserta yang dinyatakan lulus selain mendapatkan materi juga telah mendapatkan sertifikat internasional yang diterbitkan SEAMEO dengan jumlah 39 jam pelajaran.

Penjaga tol langit Pendidikan

VCT Indonesia merupakan penjaga tol langit pendidikan. Hal ini dikarenakan melalui VCT ini dapat menjadi salah satu akselerasi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Skill yang dimiliki oleh tiap guru, tenaga pendidikan, widyaiswara maupun pegiat pendidikan lainnya dapat ditingkatkan melalui kebiasan berbagi kepada sesama pendidik melalui kegiatan Vicon.

Kecepatan perkembangan teknologi informasi menjadi instrumen penting dalam akselerasi distribusi skill dan pengetahuan. Kecakapan abad 21 dapat ditingkatkan melalui kegiatan VCT ini.
Share this article :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Akselerasi Peningkatan Mutu SDM Pendidikan lewat VCT Indonesia"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top