Kecakapan Peserta VCT


Virtual Coordinator Training (VCT) adalah program pelatihan dalam bidang pendidikan yang digagas oleh SEAMEO Center. Sebuah organisasi bersama antar Kementrian Pendidikan di ASEAN. Kegiatan ini mendorong para pendidik di Indonesia untuk berbagi pengalaman dalam berbagai kecakapan pendidikan. Tidak hanya berbagi dalam kecakapan pendidikan, para pendidik juga akan mendapatkan pengalaman pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.

Perkembangan teknologi yang bermanfaat bagi pendidikan, akan diperoleh peserta VCT. VCT tak ubahnya sebagai bentuk seminar virtual. Seminar-seminar tentang penddikan yang dibawakan oleh para pendidik se-Indonesia. Peserta VCT saling berbagi satu sama lain tentang pengalaman pendidikan masing-masing. Ada yang berbagi tentang pembelajaran, penilaian, penelitian pendidikan hingga pemanfaatan ICT untuk pembelajaran. 

Beberapa kecakapan dasar peserta VCT sebagai berikut.
1. Teknik Flyer Digital dan Narasi
Flyer sangat penting sebagai publikasi sebuah kegiatan. Termasuk pula dalam kegiatan virtual training ini. Peserta dituntut memiliki kecakapan dalam membuat flyer digital. Flyer yang dapat dishare kepada orang lain melalui media sosial. Flyer digital ini dibuat oleh peserta VCT selaku coordinator Virtual Training. Guna memperjelas flyer, disertakan narasi singkat tentang suatu kegiatan seminar / virtual conference yang akan dilakukan.

2. Teknik Form dan Presensi Digital
Dokumen presensi dalam sebuah kegiatan seperti seminar sangat diperlukan. Termasuk pula dalam kegiatan seminar dalam bentuk virtual conference. Dokumen ini dapat dibuat secara digital dengan memanfaatkan fasilitas instan form yang banyak tersedia di internet. Peserta VCT ditutut memiliki kecakapan pembuatan form presensi digital ini.

3. Teknik Kreasi Room Vicon
Room untuk vicon menggunakan room Webex besutan Cisco. Room vicon dapat dibuat secara langsung oleh peserta dan dapat dimanfaatkan sebagai sarana tatap muka secara virtual. Pada room ini melibatkan host, presenter dan moderator.

4. Teknik Record Vicon
Kegiatan vicon didokumentasikan dalam bentuk video. Agar dapat dimanfaatkan untuk kegiatan selanjutnya, proses rekaman video dilakukan dengan metode tangkapan layar dengan bantuk perangkat lunak screen recording.

5. Teknik Publikasi Vicon
Hasil dokumentasi kegiatan vicon berupa video dapat dipublikasikan melalui akun Youtube milik peserta.

6. Menggunakan Teknologi Informasi terbaru Beberapa materi tambahan yang dikuasai peserta di antaranya adalah pemanfaatan teknologi digital terbaru, seperti QR Code, Video Scribe, MyPosterWall dan sebagainya.

Demikian beberapa kecakapan yang dimiliki oleh peserta VCT. Kecakapan ini hanya akan didapatkan oleh peserta yang serius dalam mengikuti kegiatan VCT. Selain itu, peserta yang akan dinnyatakan lulus dituntut untuk mampu melaksanakan tugas-tugas sepert menjadi presenter, host, dan moderator. 

Sebagai bentuk pengakuan, peserta akan mendapatkan sertifikat kegiatan yang diterbitkan oleh SEAMEO Center yang berkedudukan di Bangkok, Thailand.
Share this article :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kecakapan Peserta VCT"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top