Solo Gelar Lomba Hadrah SMP 2015


Hari ini (19/9/2015), Kota Solo menggelar kegiatan Lomba MAPSI SMP cabang Seni Islam. Kegiatan Lomba ini diadakan oleh Dinas Dikpora Kota Surakarta bekerjasama dengan MGMP PAI SMP Kota Surakarta.

Para peserta hadrah dalam balutan busana muslim
Pagi itu, ratusan siswa berkumpul di halaman Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Mereka datang dari berbagai sekolah SMP Negeri maupun swasta di Kota Surakarta. Mereka datang bersama guru pembimbing masing-masing dengan berbagai peralatan hadrah yang mereka siapkan. Para siswa tampak anggun dalam balutan busana muslim dan muslimah dengan berbagai corak. Ada yang mengenakan busana muslim berpadukan motif batik, maupun berbagai warna menarik.
Keadaan semakin riuh, tatkala masing-masing kelompok mulai tak sabar memainkan alat musik rebana. Satu persatu melakukan tabuhan pada alat yang mereka bawa. Suara semakin indah tatkala terdengar lantunan salawat yang mereka nanyikan. Sahut-sahutan suara tabuhan musik rebana terdengar menjelang acara pembukaan dimulai.

Kegiatan lomba dimulai dengan upacara pembukaan. Diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur'an yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Kata sambutan diawali dari ketua panitia pelaksana, Bp Drs. Walyono, selaku Kasie Kurikulum DInas Dikpora Kota Surakarta. Sedianya, kepala Dinas Dikpora dijadwalkan membuka kegiatan. Namun, karena kesibukan beliau, kegiatan Lomba MAPSI bidang Seni Islam ini dibukan oleh Kepala Bidang SMP Dinas Dikpora Kota Surakarta, Bp. Drs. Bambang Wahyono.

Peserta Lomba Hadrah saat menampilkan kemampuan mereka
Suasana semakin syahdu saat satu persatu peserta Lomba Hadrah ini menunjukkan kemampuannya. Mereka menunjukkan kebolehannya dalam melantunkan salawat kepada Nabi Muhammad saw. Lantunan salawat yang didendangkan dengan fasik, dan diiringi tabuhan musik rebana semakin enak didengar. Sajian semakin menarik tatkala dipadukan dengan gerakan-gerakan tarian yang dibawakan secara berkelompok.
Mereka menunjukkan kekompakan tim mereka baik dalam hal kualitas vokal, tabuhan musik rebana maupun gerakan tarian ala Melayu yang dibawakan berkelompok. Keserasian ini semakin menambah nilai artistik dari hanya sekadar seni biasa. Terlebih seni hadrah mengandung nilai religius yang mendalam.

Para peserta pun tampak terpukau dengan sajian peserta lain yang sedang tampil. Mereka tampak antusias dalam menyaksikan peserta lainnya yang sedang menunjukkan performance mereka. Sambil menyaksikan peserta yang tampil, mereka turut menyanyikan lagu salawat yang sedang diperdengarkan.
Waktu terus berjalan. Satu persatu peserta menyelesaikan penampilannya di panggung. Tepat tengah hari, pada pukul 12.00 WIB, gelaran lomba hadrah telah usai. Tibalah saatnya pengumuman pemenang ini dibacakan. Adalah ketua MGMP PAI SMP Kota Surakarta, Rahmad Rais, S.Ag, M.PdI membacakan tim hadrah yang berhasil mendapat lima besar pada gelaran lomba ini.
Ketua MGMP PAI SMP Solo mengumumkan pemenang lomba rebana
 Adapun juara lomba Hadrah tahun 2015 tersebut sebagai berikut. 
1. SMP Takmirul Islam
2. SMP Negeri 25 Surakarta  
3. SMP Negeri 11 Surakarta
4. SMP Negeri 9 Surakarta
5. SMP Al-Muayyad Surakarta.
Selanjutnya, peserta yang menjadi juara pertama pada kegiatan ini, akan mewakili Kota Surakarta pada gelaran serupa di tingkat Provinsi Jawa Tengah.



Demikian reportase singkat tentang kegiatan Lomba Hadrah dan Seni Islam tahun 2015 Kota Surakarta.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Solo Gelar Lomba Hadrah SMP 2015"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top