Wednesday, May 23, 2012

Zakat

1.    Pengertian Zakat
Pengertian Zakat menurut bahasa adalah menyucikan, membersihkan atau tumbuh. Menurut Istilah, zakat artinya kadar harta yang tertentu, yang diberikan kepada yang berhak menerimanya, dengan beberapa syarat. Hukum Zakat adalah fardu ‘ain atas tiap-tiap orang yang cukup syarat-syaratnya. Zakat mulai diwajibkan pada tahun kedua Hijriah. Zakat termasuk salah satu rukun Islam yang lima. Jadi, zakat merupakan kewajiban bagi orang-orang yang telah memenuhi kriteria wajib zakat.

Allah swt. berfirman:
وَأَقِيْمُوْا الصَّلٰوةَ وَأَتُوْا الزَّكـٰوةَ

Artinya: 
Kerjakan salat dan keluarkan zakat …” (Q.S. Al-Baqarah: 43)


2.    Macam-Macam Zakat
Menurut syariat Islam, zakat dibedakan menjadi dua, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah adalah zakat jiwa yang dikeluarkan setelah menyelesaikan puasa Ramadan. Pada setiap hari raya Idulfitri, setiap jiwa diwajibkan mebayar zakat fitrah dari makanan yang untuk mengenyangkan untuk tiap-tiap tempat (negeri). 
Zakat fitrah berupa makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,1 liter.
Hitunglah zakat fitrah dengan aplikasi Kalkulator Zakat Fitrah Online di sini 

Zakat mal adalah zakat harta, yaitu kewajiban mengeluarkan sebagian harta untuk diberikan kepada orang yang berhak menerima. Tujuan pengeluaran zakat mal adalah untuk membersihkan harta. Harta benda yang wajib dizakati adalah harta yang sudah mencapai nisab.

3.    Dalil Zakat Fitrah dan Zakat Mal
Berikut Hadis tentang kewajiban zakat fitrah.

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكـٰوةُ الْفِطْرِ طُهْرَةٌ لِلصَّائِمِ وَطُعْمَةُ لِلْمَسَاكِيْنِ فَمَنْ أَدَاهَا قَبْلَ الصَّلٰوةَ فَهِيَ زَكـٰوةٌ مَقْبُوْلَةٌ وَمَن ْأَدَاهَا بَعْدَ الصَّلٰوةَ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ. (رواه أبوداود وابن ماجه)

Artinya: “Dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Telah diwajibkan oleh Rasulullah saw. Zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang puasa dan memberi makan bagi orang miskin. Barang siapa yang menunaikannya sebelum salat hari raya, maka zakat diterima; dan barang siapa membayarnya sesuah salat, maka zakat itu sebagai sedekah biasa.” (H.R. Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Berikut dalil tentang kewajiban zakat mal.

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْقلى إِنَّ صَلوتَكَ سَكَنٌ لَهُمْقلى وَاللهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ.
Artinya: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui. (Q.S. At-Taubah [9]: 103).

4.    Harta yang Wajib Dizakati
a.    Binatang ternak 

Binatang ternak yang wajib dizakati adalah unta, sapi, kerbau, kambing baik yang diternakkan sendiri maupun secara berserikat.

Syarat wajib zakat binatang ternak adalah
1)    Islam,
2)    merdeka,
3)    milik yang sempurna,
4)    cukup satu nisab,
5)    sampai satu tahun lamanya dipunyai,
6)    digembalakan di rumput yang mubah..

b.    Emas dan perak

...وَالَّذِيْنَ يَكْنِزُوْنَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلاَ يُنْفِقُوْنَهَا فِى سَبِيْلِ اللهِلا فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ اَلِيْمٌ.

… dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, Maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, (Q.S. At-Taubah [9]:34)

Syarat wajib zakat emas dan perak adalah
1)    Islam,
2)    merdeka,
3)    milik yang sempurna,
4)    cukup satu nisab,
5)    sampai satu tahun lamanya disimpan.


c.     Biji makanan yang mengenyangkan 
Biji makanan yang wajib dizakati adalah beras, jagung, gandum, adas, dan sebagainya. Allah swt. berfirman


Sumber gambar: 
1. www.amaliah-astra.com
2. foto.detik.com

Judul: Zakat
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Muhammad Nur'alim
0 Komentar
Komentar Facebook

0 komentar:

Post a Comment