Selasa, Mei 22, 2012

Iman kepada Kitab Allah

Kitab Allah adalah kumpulan wahyu Allah yang disampaikan kepada para rasulnya untuk disampaikan kepada semua manusia sebagai pedoman hidup.

Iman kepada kitab-kitab Allah berarti percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah menurunkan wahyu kepada para rasul berupa kitab-kitab yang mengandung perintah dan larangan, untuk menjadi pedoman hidup manusia dalam mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Percaya terhadap kitab-kitab Allah merupakan kepercayaan yang mendasar dalam akidah. Iman kepada kitab-kitab Allah meliputi tiga perkara pokok sebagai berikut.
  1. Meyakini bahwa Allah menurunkan beberapa kitab suci yang diwahyukan kepada para rasul-Nya, untuk dijadikan pedoman hidup manusia.
  2. Meyakini kebenaran ajaran yang ada di dalamnya, tanpa keragu-raguan, dan
  3. Mengamalkan ajaran-ajaran yang ada di dalam kehidupan sehari-hari, baik perorangan sebagai anggota keluarga maupun sebagai anggota masyarakat.

Dalil tentang wajibnya beriman kepada kitab-kitab suci Allah, antara lain firman Allah dalam Q.S. al-Baqarah: 4
Dan mereka yang beriman kepada kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-Kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat. (Q.S. al-Baqarah:4).

Kitab-Kitab yang telah diturunkan sebelum Nabi Muhammad s.a.w. ialah Kitab-Kitab yang diturunkan sebelum Al-Quran, seperti Taurat, Zabur, Injil dan Shuhuf-Shuhuf yang tersebut dalam Al Quran yang diturunkan kepada Para rasul. Allah menurunkan kitab kepada Rasul ialah dengan memberikan wahyu kepada Jibril, lalu Jibril menyampaikannya kepada rasul.

Demikian juga firman Allah swt. berikut.

Manusia itu adalah umat yang satu. (setelah timbul perselisihan), Maka Allah mengutus Para Nabi, sebagai pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka kitab yang benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. tidaklah berselisih tentang kitab itu melainkan orang yang telah didatangkan kepada mereka Kitab, Yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkann itu dengan kehendak-Nya. dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus. (Q.S. al-Baqarah: 213)

Kitab-Kitab Allah dan Para Rasul penerimanya

Rasul yang diutus oleh Allah diberi-Nya kitab sebagai pedoman bagi umat manusia. Meyakini adanya kitab-kitab tersebut dengan kepercayaan yang kuat dengan tidak dicampuri keraguan sedikit pun. Allah mengutus para Rasul yang diturunkan bersama mereka kitab-kitab sebagai pedoman hidup manusia. Kitab-kitab tersebut adalah sebagai berikut.

1.   Zabur 
Sebagaimana dijelaskan oleh Allah swt. dalam ayat berikut. 
Jika mereka mendustakan kamu, Maka Sesungguhnya Rasul-rasul sebelum kamupun telah didustakan (pula), mereka membawa mukjizat-mukjizat yang nyata, Zabur dan kitab yang memberi penjelasan yang sempurna.(Q.S. Ali ‘Imran:184)

Zabur diturunkan kepada Nabi Daud a.s. sebagaimana firman Allah dalam ayat berikut. 
Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. dan Sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Daud.(Q.S. al-Isra:55)

2.   Taurat
Sebagaimana dijelaskan oleh Allah swt. dalam ayat berikut 
"Sesungguhnya Kami telah menurunkan kitab Taurat di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), yang dengan kitab itu diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang menyerah diri kepada Allah, oleh orang-orang alim mereka dan pendeta-pendeta mereka, disebabkan mereka diperintahkan memelihara Kitab-Kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya. karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit. Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, Maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir.” (Q.S. al-Maidah: 44). 

Juga firman Allah dalam Surah Al-Isra ayat 2 berikut.
”Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman): "Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku,” (Q.S. al-Isra: 2). 

3.   Injil 
 Kitab ini diturunkan kepada Nabi Isa a.s. sebagaimana dijelaskan oleh Allah swt. dalam ayat berikut. 
46. Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi Nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan kitab yang sebelumnya, Yaitu: Taurat. dan Kami telah memberikan kepadanya kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, Yaitu kitab Taurat. dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa. (Q.S. al-Maidah: 46)

2.   Al-Qur'an 
Firman Allah swt. sebagai berikut.


Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.(Q.S. Yusuf: 2)

Kitab ini diturunkan kepada Nabi Muhammad saw., yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya. Sebagaimana firman Allah berikut. 
1. Alif laam miim. 2. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. 3. Dia menurunkan Al-Kitab (Al-Quran) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil, 4. Sebelum (Al-Quran), menjadi petunjuk bagi manusia, dan Dia menurunkan Al-Furqan. Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah akan memperoleh siksa yang berat; dan Allah Maha Perkasa lagi mempunyai Balasan (siksa). (Q.S. Ali Imran: 1 - 4)

Setiap orang mukmin wajib memercayai kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya. Kitab-kitab ini menjadi petunjuk bagi manusia sebagai pedoman hidupnya. 

Suhuf 
Selain menurunkan kitab-kitab, Allah juga menurunkan suhuf-suhuf. Suhuf yaitu lembaran-lembaran yang berisi kumpulan wahyu Allah yang diberikan kepada rasul-Nya untuk disampaikan kepada umat manusia. Para nabi penerima suhuf- sebagai berikut. 
  1. Nabi Adam a.s. (10 suhuf)
  2. Nabi Syits a.s. (50 suhuf)
  3. Nabi Ibrahim a.s. (30 suhuf)
  4. Nabi Musa a.s.(10 suhuf).
Semua yang diturunkan oleh Allah swt. baik yang terdapat dalam kitab-kitab maupun suhuf-suhuf merupakan satu kesatuan yang utuh. Ajaran itu memiliki unsur yang sama yaitu dinul Islam yang merupakan agama tauhid, yaitu mengakui dan mengesakan Allah swt..
Firman Allah swt..
18. Sesungguhnya ini benar-benar terdapat dalam Kitab-Kitab yang dahulu, 19. (yaitu) Kitab-Kitab Ibrahim dan Musa. (Q.S. al-A’la: 18 - 19)

LATIHAN SOAL

Sumber Gambar: www.pemudaislam.com   
Judul: Iman kepada Kitab Allah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Muhammad Nur'alim
0 Komentar
Komentar Facebook

0 komentar:

Poskan Komentar