Materi Agama Kelas VII Makna Asmaul Husna Kurikulum 2013


Materi ini merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya, yakni Iman kepada Allah, yang dapat dilihat [di sini].

Asma’ul Husna adalah nama-nama yang baik bagi Allah. Nama-nama itu diperkenalkan sendiri oleh Allah di dalam firman-Nya pada Surah Al-A‘raf ayat 180.

 وَلِلّٰهِ الْأَسْـمَآءُ الْـحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِـهَا وَذَرُوْا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِى أَسْـمَآئِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ. (الاعراف 180)

Dan Allah memiliki Asma’ul Husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma’ul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S. Al-A’raf ayat 180)


Jangan dihiraukan orang-orang yang menyembah Allah dengan menyebut nama-nama yang tidak sesuai dengan sifat-sifat keagungan Allah, atau dengan memakai Asma’ul Husna, tetapi dengan maksud menodai nama Allah atau mempergunakan Asma’ul Husna   untuk nama-nama selain Allah.

Rasulullah saw. menerangkan bahwa Asma’ul Husna  bagi Allah berjumlah 99 nama. Rasulullah saw. juga menjelaskan bahwa orang yang menghafalkannya akan masuk ke dalam surga-Nya. Rasulullah saw bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص.م. إِنَّ لِلّٰهِ تِسْعَةَ وَتِسْعِيْنَ إِسْمًا مِائَةً إِلَّا وَاحِدَةً، مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ.(رواه الحاكم فى المستدرك رقم 42)  

Artinya:
”Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu, barang siapa yang menghafalnya akan masuk surga.” ( H.R. Hakim dalam kitab Al-Mustadrak alas-Sahihain, nomor 42).

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Materi Agama Kelas VII Makna Asmaul Husna Kurikulum 2013"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top