Materi Agama Kelas VII Kur. 2013 Iman kepada Allah


1. Pengertian Iman Kepada Allah swt. 
Menurut bahasa, iman artinya adalah percaya. Pengertian iman ini berarti mempercayai secara mutlak/total. Dalam kitab Lisanul Arab, disebutkan bahwa Al-Iman itu lawan kata dari Al-Kufr, Iman berarti membenarkan yang merupakan lawan kata dari mendustakan. 
Menurut istilah syar’i, iman berarti meyakini dan mempercayai ajaran yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad saw. yang berasal dari Allah swt.. Kepercayaan ini adalah keyakinan yang kaffah/totalitas terhadap wahyu yang diturunkan oleh Allah berdasarkan akal dan hati sanubari yang bersih dari keraguan. 
Pengertian iman menurut istilah adalah mengikrarkan dengan lisan, membenarkan dalam hati dan mengamalkan dengan perbuatan. Imam Al-Ajurry (w. 360 H) dalam kitabnya As-Syari’ah menyebut tentang makna iman secara secara utuh. Disebutkan bahwa iman berarti membenarkan dalam hati, mengikrarkan dengan lisan dan mengamalkan dengan perbuatan. Tidaklah dikatakan beriman kecuali melakukan ketiga kriteria tersebut (hati, lisan dan amal). 
Iman/percaya kepada Allah merupakan tugas yang harus diemban oleh semua mahluk-Nya. Yakni membenarkan dalam hati, mengikrarkan dengan lisan dan mengamalkan dengan perbuatan. Iman dalam hati tidak akan dinilai, kecuali adanya pernyataan iman dengan lisan. Iman di dalam hati dan lisan saja tidak akan ada artinya, melainkan setelah disempurnakan dengan melakukan suatu perbuatan. 
Jika ketiganya terpenuhi, maka itulah yang dapat dikatakan sebagai orang yang beriman. Iman kepada Allah adalah meyakini dengan hati bahwa Allah ada, yang memiliki sifat kesempurnaan, keagungan dan terbebas dari segala sifat kekurangan. Keyakinan inilah tidak sebatas pada keyakinan hati saja, melainkan terwujud di dalam bentuk amalan perbuatan yang diridhai oleh Allah swt. 
2. Dalil Naqli tentang Iman kepada Allah swt. 
Perintah beriman terdapat di dalam Al-Qur’an maupun hadis Rasulullah saw.. Allah swt. memerintahkan kepada umatnya untuk beriman kepada-Nya. Firman Allah sebagai berikut.

يٰآءَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْآ اٰمِنُوْا بِاللهِ وَرَسُوْلِه وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلى رَسُوْلِه وَالْكِتٰبِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُقلى وَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللهِ وَمَلئِكَتِهِ وَكُتُبِه وَرُسُلِه وَالْيَوْمِ الأٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا بَعِيْدًا (النساء 136)
"Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh. (Q.S. An-Nisa ayat 136).

Menjadi orang yang beriman bukan perkara mudah. Oleh karena iman harus dibuktikan dalam bentuk perbuatan nyata berdasarkan ajaran-ajaran yang telah digariskan oleh Allah swt. di dalam Kitab Suci Al-Qur’an. Iman menjadi hal yang sangat penting, karena Allah sendiri yang memerintahkan manusia untuk beriman kepada-Nya. Setiap perbuatan yang dilakukan oleh manusia akan dipertanggungjawabkan di hadapan-Nya. 
Di dalam sebuah majelis, Rasulullah pernah didatangi Malaikat Jibril yang menyerupai seorang laki-laki tua. Lalu Jibril bertanya kepada Rasulullah tentang Iman, Islam dan Ihsan. Dalam pertanyaan tentang Iman Rasulullah saw. menjawab dalam sabdanya sebagai berikut.
اَلْإِيْمَانُ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَلِقَائِهِ وَتُؤْمِنَ بِالْبَعْثِ الآخِرِ (رواه البخارى رقم 4429 ومسلم رقم 13)

Artinya: ”Iman itu bahwasanya engkau mempercayai Allah, malaikatnya, kitab-kitabnya, rasul-rasulnya, perjumpaan dengan Allah, dan beriman kepada hari kebangkitan.” (H.R. Bukhari No. 4429 dan Muslim No. 13). 

Berdasarkan hadis tersebut, para Ulama membaginya ke dalam Rukun Iman yang berjumlah enam. Tentu kalian masih ingat apa saja yang termasuk rukun iman yang enam tersebut. Rukun iman tersebut adalah iman kepada Allah, malaikat, kitab, Rasul, hari Akhir dan iman kepada qada qadar.

Selanjutnya adalah materi tentang mengenal empat Asmaul Husna yang dapat dilihat [di sini.] 
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Materi Agama Kelas VII Kur. 2013 Iman kepada Allah"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top