Merancang Pembelajaran Online yang Efektif



Seperti kita ketahui, Instructional Design adalah pengembangan spesifik sistematis yang menggabungkan teori belajar dan teori instruksional untuk mencapai pembelajaran yang berkualitas. Dalam pelatihan-pelatihan yang diperntukkan bagi para profesional, Instructional Design bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM, peningkatan kinerja, serta untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi/perusahaan. Banyak desainer instruksional yang memfokuskan pada kepentingan suatu organisasi sambil mengembangkan kurikulum pelatihan secara online. 

Tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik setelah terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Jadi tidak hanya memfokuskan pada efektivitas pembelajaran online, tetapi juga harus fokus pada kinerja dan fungsi pembelajaran online itu sendiri.

Memilih metode pembelajaran yang tepat sangatlah penting. Namun, hal yang sama pentingnya adalah menciptakan pembelajaran online yang efektif, dan ini adalah tantangan bagi para gru. Pembelajaran online / eLearning merupakan bagian dari kesadaran untuk memilih metode terbaik dan cara yang paling tepat untuk mecapai tujuan pembelajaran yang efektif. Antara fasilitas, aktivitas serta konten materi pembelajaran online harus memenuhi standar kualitas untuk memastikan efektivitas program pembelajaran online ini tercapai.

Apakah yang dimaksud dengan pembelajaran online yang efektif itu? Ada beberapa maksud dari pembelajaran online yang efektif sebagai berikut. 


1) Pembelajaran online yang efektif dapat dikatakan tercapainya tujuan pembelajaran dan tercapainya kompetensi peserta didik dengan cara memberikan seluruh program pembelajaran secara online.

2) Pembelajaran online yang efektif memberikan pengalaman belajar peserta didik melalui teknik pemberian motivasi belajar yang baik dan bermanfaat bagi peserta didik.



3) Pembelajaran online yang efektif membutuhkan banyak waktu, kerja keras, dan komitmen pada konten yang berkualitas tinggi.

4) Pembelajaran online yang efektif memungkinkan untuk mudah diakses (accessible), relevan, kesempatan belajar dengan kualitas tinggi yang mampu meningkatkan partisipasi maupun prestasi peserta didik.

5) Pembelajaran yang
efektif berarti menghasilkan nilai yang baik dalam hal pengelolaan aset jangka panjang, khususnya aset konten dan proses pembelajaran online yang efektif dalam hal peningkatan kualitas pembelajaran dan standar mutu pendidikan.



Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Merancang Pembelajaran Online yang Efektif"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top