Teladani perjuangan Ki Hajar



Tanggal 2 Mei diperingati sebagai hari pendidikan Nasional yang dinisbatkan kepada hari kelahiran Ki Hajar Dewantara. Beliau merupakan pendiri perguruan Taman Siswa mendidik warga pribumi, di saat bangsa masih terjajah. Perjuangan beliau dalam melawan penjajah bukan dengan cara mengangkat senjata di medan perang. Bukan berarti beliau tidak memiliki kontribusi terhadap pergerakan perjuangan bangsa Indonesia. Namun, perjuangan dalam bidang pendidikan memiliki arti yang mendalam bagi bangsa Indonesia itu sendiri.

Anak-anak pribumi yang kurang beruntung karena situasi penjajahan perlu mendapatkan pencerahan melalui pendidikan. Di sinilah perjuangan Ki Hajar berawal. Perjuangan beliau dalam mendirikan perguruan taman siswa, kini menjadi semangat tersendiri bagi generasi penerus negeri. Sebagai generasi penerus, kita wajib merawat dan mengembangkan pendidikan di Indonesia. 

Perjuangan itu kian berat seiring dengan perkembangan zaman. Di masa sekarang, kita dihadapkan dengan kepentingan global, kepentingan ekonomi hingga persoalan-persoalan bangsa lainnya. Untuk itu perjuangan dalam bidang pendidikan tidak boleh padam. Teladan yang ditunjukkan oleh Ki Hajar dalam membangun pendidikan perlu kita tiru. Peran berbagai pihak sangat diperlukan untuk kemajuan pendidikan bangsa Indonesia. 

Salah satu peran tersebut adalah dengan mewujudkan suasana taman di sekolah-sekolah kita. Namun, mewujudkan suasana taman di sekolah tidaklah mudah. Perlu dukungan dari berbagai pihak, seperti guru, siswa hingga orang tua. 

Akhirnya, mari kita terus berjuang, meneladani Ki Hajar Dewantara. Tantangan pendidikan masih sangat besar. Kemajuan dan kebangkitan pendidikan di Indonesia masih jauh dari harapan. Perjuangan kita patut dilakukan demi tercapainya kebangkitan pendidikan nasional. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2015.


Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Teladani perjuangan Ki Hajar"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top