ASEAN Blogger Community: Bersama Mewujudkan Komunitas ASEAN 2015

ASEAN Blogger Community, sebuah komunitas blogger Asia Tenggara yang bertujuan untuk mendukung proses integrasi ASEAN dalam ASEAN Community 2015. ASEAN Blogger Community telah mengadakan konferensi pertamanya di Bali pada, 16 November 2011 yang menekankan pada pentingnya peran media social untuk mengampanyekan ASEAN Community 2015. Blogger berperan dalam menyediakan informasi dan berbagi apapun yang bertujuan untuk membangun Komunitas ASEAN.

Tahun 2013, ASEAN Blogger Community menggelar pertemuan yang bertajuk ASEAN Blogger Festival #ABF2013. Kegiatan ini dipusatkan di Kota Solo. Salah satu alasan pemilihan Kota Solo, karena memiliki perhatian penting terhadap warisan budaya.
Wayang, keris, batik maupun situs manusia purba Sangiran merupakan beberapa di antara Warisan Budaya Dunia. Kesemuanya dapat ditemukan di Kota Solo. Selain kita dapat mempelajari sejarah dan warisan budaya masa lalu melalui kemegahan Keraton Surakarta, Mangkunegaran, Candi Sukuh, Sangiran, Kampung Batik dan lain-lain.

ASEAN Blogger Festival yang mengambil tema warisan budaya sangatlah tepat. Saya sangat tertarik mengikuti Festival Blogger yang mengambil tema ini. Pemilihan Kota Solo sebagai tuan rumah sangatlah penting. Ini dapat bertujuan untuk memperkenalkan Kota Solo, warisan budaya di dalamnya, serta perhatian besar Pemerintah Kota terhadap budaya tersebut.
Saya tertarik untuk mengikuti ASEAN Blogger Festival ini semata karena pemilihan tema yang tepat. Juga  karena keinginan untuk berbagi informasi terkait dengan warisan budaya tersebut. Sebagai seorang blogger yang konsen pada dunia pendidikan, berperan untuk menyampaikan pesan-pesan penting terkait warisan budaya. Pentingnya menghargai warisan budaya perlu disampaikan kepada generasi muda. Agar mereka mengenal warisan budayanya, dan memiliki perhatian terhadap budayanya. Apalagi saat ini, budaya global semakin tak terbendung.

Peran ASEAN sebagai satu identitas, dapat mempertahankan identitas dan budayanya di tengah persaingan global. ASEAN yang memiliki satu visi dapat bersama-sama membangun kekuatan regional, meningkatkan kerjasama sebagai cita-cita untuk mewujudkan integrasi ASEAN. Sebagai satu komunitas, ASEAN memiliki tiga pilar yakni komunitas politik, ekonomi dan sosial budaya. ASEAN Community 2015 menekankan kepada tiga pilar tersebut.
Di bidang Politik, ASEAN memiliki peran penting untuk meningkatkan keamanan regional. Kerjasama antar negara dapat dibangun untuk menciptakan satu kekuatan yang dapat menjaga keamanan wilayahnya sendiri.
Di bidang ekonomi, komunitas ASEAN dapat meningkatkan kerjasama ekonomi. Ini dapat dilakukan dengan memperkuat kondisi ekonomi ASEAN di tengah-tengah ekonomi global. Komunitas ekonomi ASEAN dapat mendorong kemandirian ekonomi ASEAN. Indonesia telah membuktikan sebagai salah satu Negara dengan pertumbuhan ekonomi yang baik. Di tengah krisis global tahun 2008, Indonesia menjadi Negara yang tak terdampak. Ini adalah harapan bahwa ASEAN mampu membangun komunitas ekonomi yang tahan uji dan memiliki kemandirian.
Di bidang sosial dan budaya, komunitas ASEAN memiliki keragaman budaya. Komunitas ASEAN dapat mengembangkan budaya dan pariwisata ASEAN. Menjaga dan mempertahankan nilai-nilai social di tengah persaingan budaya global. Perhatian dan peran pemerintah dan masyarakat terhadap budaya menjadi sangat penting untuk terbentuknya komunitas ASEAN.
Komunitas ASEAN seringkali dibandingkan dengan keberhasilan integrasi Uni Eropa. Sebagaimana kita ketahui, bahwa Uni Eropa berhasil menyatukan ekonomi dengan mata uang euro. Namun, keberhasilan integrasi Uni Eropa itu diuji dalam peristiwa krisis global 2008 yang menjadikan beberapa Negara di kawasan Eropa terpuruk. Kondisi ekonomi beberapa Negara Eropa, seperti Yunani, Spanyol, dan Italia dikabarkan memburuk.
Namun, komunitas ASEAN yang memiliki tiga pilar memiliki kelebihan dalam hal kemandirian. ASEAN dapat mewujudkan kemandirian ekonomi, kemandirian politik, dan kemandirian budaya. Apalagi ASEAN memiliki kelebihan dalam bidang social dan warisan budaya yang selalu diperhatikan.
ASEAN Blogger Community menjadi salah satu komunitas yang turut mendukung dalam memperkenalkan budaya, dan pariwisata ASEAN. Selamat mengadakan Festival Blogger di Kota Solo, 10 – 12 Mei 2013.

Salah satu peran yang konsen terhadap pariwisata ASEAN adalah Aseanita. Ikon yang diluncurkan perusahaan penerbangan Air Asia ini konsen dalam memperkenalkan pariwisata ASEAN. Aseanita memperkenalkan pariwisata ASEAN melalui jejaring sosial. Kekuatan jejaring sosial diyakini dapat mendorong peningkatan budaya dan pariwisata ASEAN. Aseanita menisbahkan diri menjadi guide bagi 600 juta warga ASEAN untuk mengenal budaya dan pariwisata di Negara-negara ASEAN.  
Bersama maju menuju kemandirian komunitas ASEAN 2015
Artikel ditulis dalam rangka ASEAN Blogger Festival di Solo, 10 – 12 Mei 2013

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "ASEAN Blogger Community: Bersama Mewujudkan Komunitas ASEAN 2015"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top