Jumat, April 26, 2013

Iman kepada Qada dan Qadar

Pengertian iman kepada Qada dan Qadar
Qada adalah keputusan yang sudah ada sebelum dunia ini tercipta. Qadar adalah keputusan Allah setelah manusia dilahirkan. Qada bersifat lebih dahulu keberadaannya dan qadar bersifat baru atau belakangan.
Iman kepada qada dan qadar sering disebut sebagai iman kepada takdir yang berarti mempercayai secara sungguh-sungguh bahwa allah memiliki ketentuan dan ketetapan yang berlaku bagi semua ciptaan-Nya. Ketentuan tersebut adalah yang telah terjadi, sedang terjadi atau yang akan terjadi .
Iman kepada qada dan qadar artinya percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah telah menentukan segala sesuatu bagi makhluk-Nya. Hal ini menjelaskan bahwa nasib manusia telah ditentukan Allah sejak sebelum ia dilahirkan.
Walaupun manusia telah ditentukan nasibnya, tidak berarti manusia hanya diam menunggu nasib tanpa perlu berusaha / ikhtiar. Manusia tetap berkewajiban untuk berusaha. Keberhasilan dan kesuksesan tidak datang dengan sendirinya, namun diperoleh dengan usaha yang sungguh-sungguh. Janganlah sekali-kali menjadikan takdir sebagai alasan untuk malas berusaha dan bekerja.

Ciri-ciri orang yang beriman kepada Qada dan Qadar
1. Selalu Bersikap sabar
2. Dapat menerima kenyataan hidup
3. Rajin dalam berusaha dan bekerja
4. Bersikap tawakal (berserah diri kepada Allah swt)
5. Selalu bersikap optimis dan tidak putus asa


Judul: Iman kepada Qada dan Qadar
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Muhammad Nur'alim
0 Komentar
Komentar Facebook

0 komentar:

Poskan Komentar