Monday, September 17, 2012

Tata Cara Shalat, Gerakan Sholat dan Bacaan Salat (1)

Anak-anak, salat merupakan kewajiban. Setiap orang Islam harus salat. Apabila tidak salat, maka tidak dapat dikatakan sebagai orang Islam. Nah, sebagai anak Islam kalian harus mengerjakan salat. Sudahkah kalian bisa mengerjakan salat. Mumpung sekarang kita sedang berada di masjid, belajar tata cara salat yuk!

Sebelum salat, badan harus suci, bersih dan tentunya pakaian harus rapi dan menutup aurat. Untuk menyucikan diri harus berwudu dulu. Nah, kalian semua sudah berwudu, kan. Kalau belum, silakan berwudu terlebih dahulu.

Setelah berwudu, rapikan pakaian kalian. Bagi yang laki-laki mengenakan sarung atau celana panjang. Sedangkan bagi yang perempuan jangan lupa mengenakan mukena.
Nah, sekarang kalian siap mengerjakan salat. 

 Berikut tata caranya.

1. Berdiri tegak.
Berdiri tegak ini bagi yang mampu. Apabila tidak mampu berdiri, karena sakit atau yang lainnya, boleh dikerjakan dengan duduk atau berbaring. Berdirinya harus menghadap ke kiblat yaitu menghadap ke Ka’bah. Oleh karena kita berada di Indonesia, maka kita menghadap ke barat.
Jangan lupa, pandangan mata lurus ke tempat sujud. Kedua telapak tangan lurus di samping badan. Lalu membaca niat salat salat sesuai dengan salat yang akan dilakukan.
Kalian sudah tahu niat salat fardu kan. Coba lafalkan niat salat yang telah kalian pelajari.  

2. Takbiratul Ihram
Setelah siap, lakukan takbiratul ihram, yakni mengangkat kedua tangan sejajar bahu, dan jari-jarinya sejajar dengan telinga. Telapak tangan menghadap ke arah kiblat. Takbiratul ihram ini merupakan takbir pertama dalam gerakan salat dengan membaca takbir:

اَللهُ اَكْبَرْ  : Allah Maha Besar 
3. Bersedekap
Selesai mengangkat tangan untuk takbiratul ihram, lalu kedua tangan diletakkan di atas dada atau perut. Tangan kanan menutup pergelangan tangan kiri. Bersedekap ini harus dilakukan dengan sempurna. Ketika bersedekap, kita membaca do’a iftitah, surat Al-Fatihah, dan surat lain dalam Al-Qur'an

 4. Membaca Doa Iftitah
Membaca doa iftitah merupakan sunah salat. Bacaan doa iftitah sebagai berikut.
Allahu Akbar. Kabira, walhamdu lillahi kasira. Wa subhanallahi bukratan wa asila. Inni wajjahtu wajhiya lillazi fataras samawati wal arda hanifam musliman wama ana minal musyrikin. Inna solati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi rabbil alamin. La syarika lahu wabizalika umirtu wa ana minal muslimin.

Artinya:
”Allah yang Maha agung lagi maha besar, segala puji yang begitu banyak hanya milik Allah, mahasuci Allah pada pagi hari dan sore hari. Sesungguhnya aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan Pencipta seluruh langit dan bumi dengan penuh kepasrahan dan aku bukanlah termasuk orang-orang musyrik. Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku dan matiku semata-mata untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sesuatu pun yang menyekutui-nya. Demikianlah aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang muslim.”

Bacaan iftitah dapat dengan membaca doa berikut.
Allahumma ba’id baini wa baina khatayaya kama ba’adta bainal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqini min khatayaya kama yunaqqas saubul abyadu minad danas. Allahummag silni min khatayaya bil ma’i was salji wal barad.

Artinya :
“Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahanku sebagaimana kain putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, basuhlah kesalahanku dengan air, es, dan embun.”

5. Membaca Surat Al-Fatihah
Setelah selesai membaca do’a iftitah, kemudian membaca Surat Al-Fatihah.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahim
اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin
الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Arrahmanir rahim
مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ
Maliki yaumid din
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
Iyyaka na‘budu wa iyyaka nasta‘in
إِهْدِنَا الصِّّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ
Ihdinas shiratal mustaqim
صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّآلِيْنَ
 Shiratal lazina an‘amta ‘alaihim, ghairil maghdubi ‘alaihim, waladh-dhallin
Artinya :
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,
Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,
Pemilik hari pembalasan.
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.
Tunjukilah kami jalan yang lurus,
(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

6. Membaca surah-surah Al-Qur'an
Setelah selesai membaca Surat Al-Fatihah, kemudian kita membaca salah satu surat dalam Al-Qur'an. Misalnya surat pendek seperti Surat An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, Al-Asr, atau surah lain yang telah kalian hafal.  


Teks Arab Khat koleksi Editor WD  Sumber Video


Judul: Tata Cara Shalat, Gerakan Sholat dan Bacaan Salat (1)
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Muhammad Nur'alim
0 Komentar
Komentar Facebook

0 komentar:

Post a Comment