Friday, September 07, 2012

Taat


video

Pengertian taat adalah sikap patuh, tunduk dan setia. Taat kepada Allah swt. berarti patuh, tunduk dan setia kepada Allah. 

Perwujudan sikap taat ini adalah dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya dan meninggalkan semua larangan-Nya, dengan melaksanakan sunah Rasul-Nya. 

Kita harus selalu menjaga diri kita agar selalu melaksanakan semua perintah, serta menjauhkan diri dari semua larangan Allah. 

Allah berfirman dalam Surah An-Nisa ayat 59

Artinya :
Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (peme-gang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda penda-pat tentang sesuatu, maka kembalikan-lah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Ra-sul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. (QS. An-Nisa : 59)



Demikian juga firman Allah dalam Surah At-Taghabun ayat 16
Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah; dan infakkanlah harta yang baik untuk dirimu. Dan barangsiapa dijaga dirinya dari kekikiran, mereka itulah orang-orang yang beruntung. (QS. At-Tagabun: 16)


Perintah taat pada ayat di atas bermakna untuk menghimpun semua daya, yang dapat ditampung oleh kemampuan yang digunakan dalam rangka memenuhi perintah-perintah beserta segala bentuk larangan. 

Adapun perintah berupa "Dengarkanlah dan Taatilah" merupakan penekanan agar dipahami dalam arti perkenankan dan terimalah sepenuh hati dan diwujudkan dengan pengamalan dalam perbuatan. 

Orang yang memiliki ketaatan di sini berarti keimanan dan ketakwaannya kepada Allah sangat dalam. Hanya orang yang bertakwa kepada Allah yang akan mendapatkan kemuliaan di sisinya. Sebagaimana firman Allah dalam Surah Al-Hujurat ayat 13


Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti
(Al-Hujurat: 13)



Berikut ini berbagai contoh perilaku yang termasuk dalam kategori taat. 

Contoh perilaku taat:
1. Taat kepada Allah
Menegakkan salat lima waktu
Mengerjakan puasa Ramadan
Mengeluarkan zakat
Melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu

2. Taat meninggalkan larangan Allah swt dan Rasul-Nya
Meninggalkan judi
Meninggalkan minuman keras, dan obat-obat terlarang
Meninggalkan perbuatan zina
Meninggalkan kata-kata kotor.

3. Taat kepada sesama
Anak taat kepada orang tua
Murid taat kepada guru
Guru taat kepada atasannya
Buruh taat kepada majikannya.
Judul: Taat
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Muhammad Nur'alim
0 Komentar
Komentar Facebook

0 komentar:

Post a Comment