Monday, January 07, 2013

Kisi-Kisi USBN PAI 2013

Ujian Sekolah Berstandar Nasional PAI
Ujian Nasional rutin diadakan setiap tahun oleh Kementrian Pendidikan melalui BSNP. Ujian Nasional ini hanya untuk mata pelajaran tertentu. Sementara itu, Kementrian Agama juga akan mengadakan kegiatan serupa yang disebut USBN PAI. Kegiatan ini semacam Ujian Nasional-nya mapel PAI. USBN PAI sendiri dilaksanakan secara bertahap di berbagai daerah di Indonesia. Dimulai dari tahap ujicoba hingga pelaksanaan.
Untuk tahun 2013, Pelaksanaan USBN PAI semakin dimantapkan oleh Kementrian Agama melalui Direktorat Pendidikan Islam. USBN PAI mulai dilaksanakan sejak tahun 2008/2009, melalui tahap uji coba hingga pelaksanaannya. Tahun 2013 ini, kementrian Agama telah menerbitkan Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) PAI melalui situsnya kemenag.go.id.
Adapun Kisi-Kisi USBN PAI tersebut sebagai berikut

1. Kisi-Kisi USBN PAI   SD   Download
2. Kisi-Kisi USBN PAI SMP  Download
3. Kisi-Kisi USBN PAI SMA  Download
4. Kisi-Kisi USBN PAI SMK  Download
 Download juga surat Pemberitahuan tentang USBN PAI 2013

USBN PAI ini lebih disederhanakan. Untuk tahun lalu, porsi pembuatan soal tertulisnya, 25% adalah dibuat oleh Kementrian Agama Pusat, sedangkan 75% soalnya dibuat oleh Kementrian Agama tingkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota masing-masing.
Contoh soal-soal USBN PAI untuk SMP dapat di downlod di sini 

Adapun kisi-kisi Ujian Nasional untuk 4 mapel UN dapat dilihat di sini 


Judul: Kisi-Kisi USBN PAI 2013
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Muhammad Nur'alim

4 komentar:

  1. kalo UJIAN SEKOLAH itu setiap provinsi soalnya beda gk? mohon dijawab

    ReplyDelete
  2. Berdasarkan Info dari Dirjen PAIS via Mapenda, utk tahun ini USBN dikembalikan kepada daerah masing-masing. Kisi-kisinya saja yang dari Kemenag pusat, sedang pengelolaannya termasuk soal-soalnya diserahkan ke daerah. Bisa memberdayakan KKG, MGMP ataupun MKKMad bagi Madrasah. Alasannya banyak kejanggalan dan kelemahan pada pelaksanaan USBN tahun kemarin.
    Jadi, soal-soalnya kemungkinan ada perbedaan di tiap-tiap provinsi.

    ReplyDelete