Rabu, Januari 30, 2013

Iman kepada Malaikat

Allah swt menciptakan malaikat dari nur (cahaya). Malaikat diciptakan jauh sebelum Nabi Adam a.s. diciptakan oleh Allah swt. Malaikat diciptakan banyak sekali oleh Allah swt. kepastian jumlahnya hanya Allah yang mengetahuinya.
Para malaikat itu adalah hamba-hamba Allah swt yang dimuliakan karena tugasnya hanya untuk taat dan patuh kepada tugas-tugas yang diperintahkan oleh Allah swt. Karena malaikat tidak memiliki nafsu maka tidak ada keinginan untuk melanggar apa yang menjadi tugasnya.
Pengertian iman kepada malaikat adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah swt. menciptakan makhluk yang paling taat yakni malaikat, yang tidak pernah membantah perintah-Nya.

Nama-nama Malaikat 
  1. Malaikat Jibril, tugasnya adalah menyampaikan wahyu dari Allah swt. kepada para Nabi dan Rasul. Malaikat Jibril sering disebut juga dengan Ruhul Amin atau Ruhul Qudus.
  2. Malaikat Mikail, bertugas menyampaikan dan membagi rezeki kepada seluruh makhluk yang ada dimuka bumi.
  3. Malaikat Israfil, tugasnya meniup sangkakala sebagai pertanda kiamat, maupun saat yaumul ba’as yaitu dibangkitkannya seluruh manusia pada hari kebangkitan.
  4. Malaikat Izrail, tugasnya mencabut nyawa seluruh makhluk apabila ajalnya telah tiba.
  5. Malaikat Raqib, tugasnya mencatat amal perbuatan manusia yang baik.
  6. Malaikat Atid, tugasnya mencatat perbuatan buruk manusia.
  7. Malaikat Munkar, tugasnya menanyai manusia di alam barzakh (alam kubur).
  8. Malaikat Nakir, tugasnya menanyai manusia di alam barzakh (alam kubur).
  9. Malaikat Ridwan, adalah malaikat yang bertugas menjaga dan memelihara surga.
  10. Malaikat Malik, adalah malaikat yang bertugas menjaga neraka.

Sifat-Sifat Malaikat
1. Malaikat selalu taat dan patuh kepada Allah swt. dengan melaksanakan segala perintah yang ditugaskan kepadanya. Q.S. At-Tahrim : 6

6. Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

2. Senantiasa mengucapkan tasbih dan bersujud kepada Allah swt. dan memohonkan ampun bagi orang-orang yang ada didunia. Q.S. Al-Anbiya 19 - 20 

19. Dan milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. Dan (malaikat-malaikat) yang di sisi-Nya, tidak mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan ti-dak (pula) merasa letih.
20. Mereka (malaikat-malaikat) bertasbih tidak henti-hentinya malam dan siang.


3. Tidak memiliki nafsu sehingga malaikat tidak punya keinginan
4. Menolong orang-orang mukmin
5. Diciptakan dari cahaya, bukan laki-laki, bukan perempuan dan bukan pula banci
6. Selalu menyertai dan menjaga manusia. Ar-Ra'du 11

11. Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.








Judul: Iman kepada Malaikat
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Muhammad Nur'alim

2 komentar:

  1. Alhamdulillah, terima kasih atas share informasinya, bop.
    ini sangat bermanfaat sekali dalam rangka penguatan iman dan aqidah,,,Ya Allah berikanlah keberkahan atas setiap langkah hamba-Mu yang selalu istiqomah dijalan-Mu. aamiin

    BalasHapus