Empati

Pengertian empati

Empati adalah kemampuan untuk menyadari perasaan orang lain dan bertindak (sesuai) untuk membantu.  

Konsep Empati terkait erat dengan rasa iba dan kasih sayang. Empati merupakan kemampuan mental untuk memahami dan berempati dengan orang lain, apakah orang diempati setuju atau tidak tetapi kita memiliki niat untuk membantu.


Cara sederhana untuk berjiwa empati seperti yang dicontohkan Rasulullah, yaitu dengan merasakan apa yang dirasakan orang lain. Seseorang yang berjiwa empati akan lebih peka dan peduli. Bukti kepeduliannya diwujudkan dengan amal nyata dan itu akan terlahir dari seseorang yang hatinya bersih. Efek empati membuat seseorang lebih ringan melakukan kebaikan. Ketika melihat saudaranya ditimpa musibah maka segera mengulurkan tangannya tanpa harus ada perintah.

Dalil Naqli tentang empati, terdapat dalam Surah An-Nisa' ayat 8

Sebagai seorang manusia yang rasa empati sudah terkandung pada jiwanya. Bagaimana seseorang itu mengaplikasikannya. Islam mengajarkan kepada kita unutuk bersikap empati, seperti harus memiliki rasa sifat pemurah, dermawan, saling membantu, saling menolong dan lainnya. Hal ini berkaitan dengan firman Allah swt. dalam Surah An-Nisa' ayat 8 berikut.

"Dan apabila sewaktu pembagian itu hadir beberapa kerabat, anak-anak yatim dan orang-orang miskin, maka berilah mereka dari harta itu (sekedarnya) dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang baik. (Q.S. An-Nisa’ [4] : 8)

Rasulullah saw. bersabda:

Artinya: "Seorang mukmin terhadap mukmin lainnya adalah laksana bangunan yang saling menguatkan bagian satu dengan bagian yang lainnya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Orang beriman itu seperti satu anggota tubuh, jika salah satu anggota tubuh tersebut merasakan sakit, maka bagian tubuh yang lain juga akan merasakan sakitnya. Nabi bersabda yang artinya:

"Perumpamaan kaum mukmin dalam kasih sayang dan belas kasih serta cinta adalah seperti satu tubuh. Jika satu bagian anggota tubuh sakit maka akan merasa sakit seluruh tubuh dengan tidak bisa tidur dan merasa demam." (HR. Bukhari dan Muslim)
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Empati"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top