Friday, July 12, 2013

Review Buku PAI Kelas 7 Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 siap diujicobakan pada tahun pelajaran 2013-2014. Walaupun hanya sebagian sekolah yang ditunjuk untuk penerapan Kurikulum 2013 ini. Pelatihan guru untuk pelaksanaan Kurikulum baru pun dikebut. Pada bulan puasa ini, guru-guru untuk sekolah sasaran ditatar sedemikian rupa. Mereka diminta siap untuk melaksanakan kurikulum 2013 ini.
Di dalam kurikulum ini, buku-buku pegangan siswa disediakan sepenuhnya oleh pemerintah. Pusat Kurikulum dan Perbukuan telah merilis buku-buku pelajaran yang untuk kurikulum tersebut. Buku-buku pelajaran untuk kurikulum 2013 pun telah dirilis melalui situs Buku Sekolah Elektronik milik Kemdikbud.
Salah satu yang menjadi fokus perhatian saya adalah Buku PAI untuk SMP Kelas 7. Karena saya mengajar siswa SMP kelas 7. Walaupun sekolah tempat saya mengabdi tidak termasuk sekolah sasaran Kurikulum 2013, namun, saya memiliki rasa penasaran terhadap Buku PAI SMP Kelas 7 ini. Untuk mengobati rasa penasaran, tak tanggung-tanggung, buku itu langsung saya download untuk dipelajari. Seperti apa sih Buku PAI dan Budi Pekerti ini?

Kurikulum PAI sekarang ditambah dengan Budi Pekerti. Ini memunculkan keraguan, seolah-olah Pendidikan Agama tidak mengandung Budi Pekerti. Padahal Pendidikan Agama itu sendiri kan sudah memiliki nilai-nilai Budi Pekerti. Saya sendiri heran, mengapa Mapel PAI harus ditambah dengan nama Budi Pekerti? Ada juga teman-teman guru di forum online yang mempertanyakan hal ini. Seolah-olah Pendidikan Agama yang ada selama ini tidak mengandung ajaran tentang Budi Pekerti.
Untuk jam pelajaran PAI sendiri, di tingkat SMP, dari semula 2 jam pelajaran menjadi 3 jam pelajaran. Saya teringat wacana yang dilontarkan oleh Kementrian Agama beberapa waktu yang lalu, menginginkan jam pelajaran Agama ditambah menjadi lebih banyak dari 2 jam saja. Ini sudah menjadi salah satu solusi, dengan menjadikan 3 jam pelajaran untuk PAI SMP. Tapi, lagi-lagi seolah-olah Kementrian Pendidikan tidak rela jika jam Pelajaran Agama lebih banyak, akhirnya dibuatlah PAI dan Budi Pekerti (BP) seperti ini, Jika dianalisis, untuk PAI saja 2 jam, yang 1 jam adalah BP. Ya, jamnya memang bertambah, tapi beban juga bertambah, sama juga boong.
Bukankah pada kurikulum sebelumnya sudah ada 1 jam untuk BP yang diampu oleh guru Bimbingan Konseling? Lalu, untuk apa jam PAI ditambah jika harus dititipkan jam BP ke dalam mapel PAI?
Melihat cover judul di atas, "Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, SMP/MTs Kelas VII" saya jadi bertanya-tanya. Apa iya, buku ini diberlakukan bagi SMP/MTs? Setahu saya, untuk jenjang MTs, memiliki kurikulum sendiri, yang dibuat oleh Kementrian Agama. Mungkin saja, ini kesalahan yang teknis dalam hal editing, tapi kesalahannya fatal juga, kan. Sepanjang yang saya ketahui, PAI hanya ada di sekolah-sekolah SMP yang bukan naungan Kementrian Agama. Di MTs kan ada kurikulum sendiri, seperti Akidah Akhlak, Al-Qur'an Hadis, SKI, Fikih dan Bahasa Arab. Penulisan SMP/MTs ini juga muncul di KDT maupun Footer di seluruh halaman buku tersebut. Ya, untuk hal teknis seperti ini, saya bisa memaklumi, saya juga pernah memiliki pengalaman menjadi editor untuk buku pelajaran serupa.

Buku PAI dan BP Kurikulum 2013
Judul Buku : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, SMP/MTs Kelas VII
Penulis       : Mustahdi dan Sumiyati
Penelaah     : Yusuf A. Hasan dan Ismail HM
Penyelia Penerbitan : Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta
Penerbit      : Puskur Kemdikbud
Halaman      : viii + 168

Seperti buku-buku pelajaran pada kurikulum yang lalu, setiap bab diawali dengan penyajian Peta Konsep. Pada buku PAI dan BP ini, setiap bab diawali dengan ajakan untuk Merenungi dan Mengamati apa yang terjadi di sekitar kita. Pendekatan yang diharapkan sepertinya adalah pendekatan saintifik terhadap suatu masalah yang ada di sekitar kita. Di akhir bab, disajikan Rangkuman dan Ajakan Berlatih. Buku PAI dan BP ini disusun berdasarkan KI dan KD Kurikulum 2013
Download selengkapnya di sini   link dari bse.kemdikbud.go.id

Update:
Berdasarkan informasi di situs kementrian agama RI, Kurikulum 2013 untuk mapel PAI baru akan diberlakukan pada tahun 2014 mendatang. Hingga saat ini sepertinya semua guru PAI kelas 7 belum dilatih untuk menerapkan kurikulum 2013 tersebut. Dirjen Pendis Kemenag sepertinya baru mempersiapkan Guru Inti untuk melatih guru PAI kurikulum 2013.




Judul: Review Buku PAI Kelas 7 Kurikulum 2013
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Muhammad Nur'alim

0 komentar:

Post a Comment