Adab Makan dan Minum

Kantin Sekolah Sehat, Makanan Sehat




Seluruh manusia membutuhkan makan dan minum. Bagi orang Islam, makan dan minum tidak hanya berfungsi untuk mempertahankan fisik, namun juga mendukung kepentingan ibadah sehingga dengan makan, kita dapat bertahan dalam menjalankan ibadah. Dalam hal makan dan minum, Islam telah memberikan teladan yang baik. Adab dan tatakrama ketika makan dan minum telah diajarkan oleh Allah swt..
Adab Makan
Beberapa adab makan yang perlu diperhatikan sbb.
Sebelum makan, kita hendaklah mencuci tangan terlebih dahulu.
1. Membaca basmalah sebelum makan dan hamdalah sesudah makan
إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِيَ أَنْ يَذْكُرِ اسْمَ اللهِ تَعَلَى فِي أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللهِ أَوَّلَهُ وَأَخِرَهُ رواه ابو داود عن عائشة
Apabila salah seorang di antara kamu akan makna, hendaklah membaca, Basmalah. Apabila ia lupa pada permulaan makan, hendaklah membaca, Bismillahi awwalahu wa akhirahu (H.R Abu Dawud dari Aisyah no. 3275)
2. Makan dengan tangan kanan
سَمِّ اللهَ وَكُلْ بِيَمِيْنِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيْكَ (متفق عليه عن عمر بن أبى سلمة)
Bacalah basmalah (jika akan makan /minum), makanlah dengan tangan kananmu, dan ambillah makanan yang terdekat. (H.R. Bukhari no. 4957 dan Muslim no 3767 dari Umar bin Abu Salamah)
3. Mengambil makanan yang terdekat.
4. Makan tidak berlebihan.
5. Makan tidak boleh sambil berdiri, berjalan maupun tengkurap, tetapi harus sambil duduk.
لاَ يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا فَمَنْ نَسِيَ فَلْيَسْتَقِئْ (رواه مسلم عن أبى هريرة)
Janganlah ada salah seorang di antara kamu yang minum sambil berdiri. Barang siapa lupa, hendaklah menumpahkan apa yang diminumnya. (H.R. Muslim dari Abu Hurairah no. 375)
6. Makan mulai dari pinggir jangan di tengah
اَلْبَرَكَةُ تَنْزِيْلُ وَسَطَ الطَّعَامِ فَكُلُوْا مِنْ حَافَتَيْهِ وَلاَ تَأْكُلُوْا مِنْ وَسَطِهِ (رواه الترمذى عن ابن عباس)
Berkah itu turun dair tengah-tengah makanan. Oleh karena itu, makanlah dari pinggirnya dan janganlah makan langsung mengambil dari tengha-tengah makanan itu. (H.R. At-Tirmizi dari Ibnu Abbas no 1727)
7. Menghabiskan makanan
8. Jangan mencela makanan
9. Mempersilakan kepada yang lebih tua
10. Dilarang makan berlebih-lebihan, perut dibagi dengan sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga udara.
مَا مَلأَ أَدَمِيٌّ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنِ بِحَسْبِ ابْنِ أَدَمَ أُكُلاَتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ فَإِنْ كَانَ لاَ مَحَالَةَ فَثُلُثٌ لِطَعَامِهِ وَثُلُثٌ لِشَرَابِهِ وَثُلُثٌ لِنَفْسِهِ (رواه الترمذى عن مقدام بن معدي كرب)
Tidak ada yang lebih jahat daripada orang yang memadati perutnya dengan makananuntuk menguatkan badannya. Jika perlu ia makan, hendaklah perutnya diisi sepertiga makanan, seperti air (minuman), dan sepertiga lagi untuk udara (bernapas). H.R. At-Tirmiz dari Miqdam bin Ma'di Karib no. 2302)

Adab Minum  
  1. Memulai dengan bacaan basmalah
  2. Menggunakan tangan kanan
  3. Meminum sesuai dengan aturan kesehatan
  4. Minum sambil duduk
  5. Jangan minum seperti unta

لاَ تَشْرَبُوْا وَاحِدًا كَشُرْبِ الْبَعِيْرِ وَلَكِنِ اشْرَبُوْا مَثْنَى وَثُلاَثَ وَسَمُّوْا إِذَا أَنْتُمْ شَرِبْتُمْ وَحْمَدُوْا إِذَا أَنْتُمْ رَفَعْتُمْ (رواه الترمذى عن ابن عباس)
Janganlah kamu minum sekaligus seperti minumnya unta, tetapi minumlah dua atau tiga kali. Bacalah basmalah apabila kamu memulai minum dan bacalah hamdalah jika selesai minum. (H.R. Tirmizi dari Ibnu Abbas no. 1807)
6. Jangan bernafas di dalam gelas ketika minum
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى أَنْ يَتَنَفَّسَ فِى اْلإِنَاءِ (رواه مسلم عن أبى قتادة)
Bahwa nabi Muhamamd saw. Melarang bernafas di tempat air minumnya. (H.R. Muslim dari Abu Qatadah no. 394)
7. Jangan mencela minuman
8. Menghabiskan minuman yang kita minum.

Rasulullah saw. bersabda
إِذَا سَقَطَتْ لُقْمَةُ أَحَدِكُمْ فَلْيَمِطْ عَنْهَا اْلأَذَى وَلْيِأْكُلْهَا وَلاَ يَدَعْهَا لِلشَّيْطَانِ (رواه مسلم 3795)
Jika sesuap makanan kalian jatuh hendaklah ia mengambilnya, membuang kotoran darinya, kemudian memakan sesuap makanan tersebut, serta tidak membiarkannya untuk dimakan setan. (HR. Muslim 3795)

Share this article :
+
Previous
Next Post »
6 Komentar untuk "Adab Makan dan Minum"
This comment has been removed by the author. - Hapus

Hal yang dilarang pastinya

Kalau kita lagi makan, ehh taunya lupa blum membaca do'a makan, pdahal nasinya tinggal separuh, itu harus bagaimana?

Atau kita harus membaca apa?

Adab Makan dan Minum sangat membantu sekali dalam keseharian kita, karena dengan menerapkan adab-adab maka kita akan menjadi sehat.

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top