Tata Cara Shalat, Gerakan Sholat dan Bacaan Salat (3)


11. Duduk tasyahud awal
Apabila salat yang kita kerjakan telah mendapat dua rakaat, maka setelah selesai sujud kedua, kemudian duduk. Duduk ini disebut duduk tasyahud pertama (tasyahud awal).
Dalam duduk ini, jari telunjuk tangan kanan ditunjukkan, dan pandangan mata diarahkan ke ujung telunjuk kanan.
Duduk tasyahud awal hanya ada pada salat yang jumlah rakaatnya 3 rakaat atau lebih yakni Zuhur, Asar, Magrib dan Isya. Sedangkan untuk salat subuh tidak terdapat duduk tasyahud awal, karena jumlah rakaatnya hanya dua.
Ketika duduk tasyahud awal ini, membaca doa sebagai berikut.
اَلتَّحِيَّاتُ ِللهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ رَسُوْلُ اللهِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ مُحَمَّدٍ.
“At-Tahiyyatu lillah. Was-salawatu wat tayyibah. Assalamu’alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullahi wa barakatuh. Assalamu ‘alaina wa ‘ala ibadillahis salihin. Asyhadu an la ilaha illallahu wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma salli ala muhammad, wa ala ali muhammad.”

Artinya:
“Segala ucapan penghormatan milik Allah, begitu pula segala karunia dan ucapan pengagungan. Semua pertolongan dan pemeliharaan untukmu, wahai Nabi, begitu pula karunia Allah, begitu pula semua karunianya. Segalaperlindungan dan pemeliharaan untuk kami dan hamba-hamba Allah yang salih. Aku bersaksi tiada tuhan kecuali Allah., Tuhan yang tunggal, tiada sekutu bagi-Nya. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan rasul-Nya.”

12. Duduk Tasyahud Akhir
Duduk ini seperti duduk tasyahud awal. Duduk ini disebut juga duduk tawaruk yaitu seperti duduk iftirasy, tetapi telapak kakinya yang kiri dikeluarkan ke kanan, melalui bawah kaki kanan. Pantatnya sampai ke lantai. Telapak kaki kanan ditegakkan. Bacaan tasyahud akhir sama dengan bacaan pada tasyahud awal, ditambah dengan bacaan sebagai berikut.
كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى اَلِ اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى اَلِ اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
Kama sallaita ‘ala ibrahim wa ‘ala ali ibrahim. Wa barik ‘ala muhammad wa ‘ala ali muhammad. Kama barakta ‘ala ibrahim wa ‘ala ali ibrahim fil alamina innaka hamidum majid.
Artinya:
“Sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha terpuji lagi Maha agung. Ya Allah, berikanlah karunia kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan karunia kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha terpuji lagi Maha agung.”
Setelah selesai membaca tahiyat, kemudian dapat menambahkan dengan doa sebagai berikut.
اَللَّهُمَّ اِنِّي اَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ.
“Allahumma inni a‘uzubika min azabi jahannama wa min azabil qabri wa min fitnatil mahya wal mamati wa min syarri fitnatil masihid dajjal.”
Artinya:
“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu, dari siksa neraka jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah hidup dan mati, dan dari fitnah Dajjal.”

13. Salam
Nah, kita sudah sampai pada akhir rangkaian salat. Salam adalah menoleh ke kanan sampai pipi kanan terlihat dari belakang sambil membaca salam, dan menoleh ke kiri sampai pipi kiri terlihat dari belakang sambil membaca salam.
Bacaan salam adalah sebagai berikut.
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ
Assalamu’alaikum warahmatullah.

Alhamdulillah, anak-anak semua sudah dapat mengerjakan salat. Sekarang, jangan lupa selalu mempraktikkan salat lima waktu tersebut. Jangan lupa salat ya. Harus rajin dong. Sebagai anak Islam tidak boleh meninggalkan salat. 
Share this article :
+
Previous
Next Post »
6 Komentar untuk "Tata Cara Shalat, Gerakan Sholat dan Bacaan Salat (3)"

Subhanalloh... Sungguh blog yang sangat bermanfaat.. Senang sekali bs berkunjung..

Subhanalloh...
Semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan Indonesia
dan mempertebal karakter bangsa

Terima kasih kunjungannya pak. saya selalu berkunjung balik.

amin pak. semoga bermanfaat.

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top