Sunday, September 09, 2012

Taharah (Bersuci)

Menurut bahasa, taharah artinya bersuci.
Menurut istilah, pengertian taharah adalah menyucikan diri dari hadas dan najis.
Adapun ketentuan taharah dalam Islam dapat berupa wudu, mandi, tayamum, istinjak dan sebagainya.

Berwudu
Berwudu merupakan cara untuk menyucikan diri dari hadas kecil. Sebelum kita mengerjakan salat harus membersihkan terlebih dahulu anggota wudu kita mulai dari tangan, muka rambut, hingga kaki.


Rukun wudu sebagai berikut.
1) niat, 
2) membasuh muka, 
3) membasuh kedua tangan hingga siku-siku, 
4) mengusap rambut kepala, 
5) membasuh kaki hingga mata kaki, dan 
6) tertib.

Tata cara wudu banyak ditemukan di berbagai media seperti youtube. sebagai contoh adalah pada link berikut, http://www.youtube.com/watch?v=2eNe7wD4svk
atau dapat juga dilihat pada versi animasi, pada link berikut, http://www.youtube.com/watch?v=lcYGfHhtoKQ

Adapun perintah wudu sesuai dengan firman Allah dalam Surah Al-Maidah ayat 6 sebagai berikut.

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan ta-nganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempur-nakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur. (Al-Maidah : 6)


Tayamum
Bertayamum jika dalam keadaan sakit, atau sedang dalam perjalanan dan tidak mendapat air. Cara bertayamum dengan mengusapkan debu ke wajah dan kedua tangan.


Mandi Wajib
Mandi wajib adalah meratakan air ke seluruh tubuh dengan niat menghilangkan hadas dan najis.
Mandi wajib harus dilaksanakan karena sebab bercampurnya suami istri, selesai haid bagi wanita, selesai nifas, mengeluarkan air mani, sebagaimana diperintahkan di dalam ayat 6 QS. Surah Al-Maidah sebagai berikut:
“… Dan Jika Kamu (dalam keadaan) junub maka mandilah …”
(Q.S. Al-Ma’idah : 6)

Tatacara mandi wajib menurut rasulullah saw berdasarkan hadis dari Aisyah ra. Sebagai berikut.
Dari ‘Aisyah ra. Ia berkata : “Apabila Rasulullah SAW. Mandi janabah maka beliau mencuci kedua tangan beliau dan wudlu seperti untuk sholat, kemudian mandi dan menyela-nyelai rambut dengan kedua tangannya sehingga apabila beliau menduga bahwasanya telah meratakan (pada kulit kepala beliau) lalu beliau tuangkan air tiga kali, kemudian beliau mencuci seluruh badan beliau selanjutnya ‘Aisyah berkata : “Aku dan Rasulullah saw. pernah mandi dari satu bejana secara bersamaan menciduk air dari bejana itu. (H.R. Bukhari)

Judul: Taharah (Bersuci)
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Muhammad Nur'alim

0 komentar:

Post a Comment