Qanaah


video
Pengertian qanaah yaitu sikap menerima dengan rela dan merasa cukup dengan apa yang diberi Allah swt. kepadanya. 

Orang-orang yang bersikap qanaah selalu giat berusaha dan bekerja. Apabila usahanya tidak berhasil tidak merasa kecewa atau putus asa, karena punya pendirian bahwa apa yang diperoleh semua merupakan ketentuan Allah swt dan harus diterima dengan lapang dada serta rasa syukur. 


 Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz}). (Hud: 6)


Qanaah bukan berarti bermalas-malasan untuk berusaha dan meningkatkan kesejahteraan hidup, tetapi harus selalu giat dalam bekerja dan berusaha. 

Apabila hasil usahanya tidak sesuai dengan harapannya tidak akan pernah kecewa dan dihadapi dengan sifat sabar. Jika berhasil selalu bersyukur kepada Allah. Sikap ini akan mendorong hati kita menjadi tenteram dan terjauh dari sifat serakah atau tamak. 


Contoh:
Nadhir adalah seorang pelajar SMP di Surakarta. Orang tuanya bekerja sbg PNS, Setiap hari ia diberi uang saku Rp. 5000 oleh orang tuanya. Suatu hari ia hanya diberi Rp. 3000,- Melihat hal itu, Nadhir menerima dengan sikap qanaah (nrimo) dan tidak berontak. Dia menerima dengan Ikhlas.

Sungguh mulia orang yang memiliki sifat qanaah ini, baik di sisi Allah maupun di hadapan manusia sebagaimana sabda Rasulullah saw. 
Sungguh beruntung orang yang masuk Islam dan rezekinya cukup, serta merasa puas dengan apa yang menjadi pemberian Allah kepadanya."
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Qanaah "

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top