RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(1)
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 25 SURAKARTA
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : VII/1
WAKTU : 4 X 40 menit (2 x pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
1.
Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qamariyah
B. Kompetensi
Dasar
1.
Menjelaskan hukum bacaan bacaan
”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qamariyah.
2.
Membedakan hukum bacaan bacaan
”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qamariyah.
3.
Menerapkan bacaan bacaan ”Al”
Syamsiyah dan ”Al”Qamariyah dalam bacaan
surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Menguraikan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
2.
Menyebutkan huruf-huruf Syamsiyah.
3.
Menunjukkan contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah.
Pertemuan 2
1.
Menguraikan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah.
2.
Menyebutkan huruf-huruf Qamariyah.
3.
Menunjukkan contoh-contoh bacaan “Al” Qamariyah.
4.
Membedakan “Al” Qamariyah dan “Al” Syamsiyah.
D. Materi
Ajar
Untuk materi pembelajaran tentang Al Qamariyah dapat di lihat di sini
E. Metode Pembelajaran
Untuk materi pembelajaran tentang Al Qamariyah dapat di lihat di sini
E. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi
Diskusi
Demonstrasi
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
I.
Pendahuluan
1. Salam dan
tegur sapa
2. Mengabsensi
siswa
3. Mengingatkan
kembali tentang huruf-huruf hijaiyah.
II.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
-
Menggali pemahaman siswa tentang huruf-huruf hijaiyah.
-
Melakukan tanya jawab tentang bacaan Al-Syamsiyah
-
Melakukan tanya jawab tentang huruf-huruf Al-Syamsiyah
-
Mengajak siswa memerhatikan contoh bacaan Al-Syamsiyah
melalui media presentasi power point.
-
Mengajak peserta didik untuk mencoba melafalkan ayat-ayat
Al-Qur’an yang mengandung bacaan Al-Syamsiyah
2. Elaborasi
-
Membagi kelas menjadi 5 kelompok
-
Memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk
mengidentifikasi bacaan Al-Syamsiyah yang terdapat pada Surat At-Tin ayat 1 – 8
-
Meminta siswa untuk mendemostrasikan contoh-contoh bacaan
Al-Syamsiyah
-
Meminta tanggapan kelompok lain
3. Konfirmasi
-
Guru dan siswa bersama-sama untuk membuat kesimpulan
materi pelajaran
III. Kegiatan
Akhir
1. Guru
mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan
tanya jawab dan diskusi siswa.
2. Siswa
melakukan refleksi tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk memahami
materi.
Pertemuan Ke-2
I.
Pendahuluan
1. Salam dan
tegur sapa
2. Mengabsensi
siswa
3. Mengingatkan
kembali tentang hukum bacaan Al-Syamsiyah.
II.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
-
Menggali pemahaman siswa tentang bacaan Al Syamsiyah
-
Melakukan tanya jawab tentang bacaan Al-Qamariyah
-
Melakukan tanya jawab tentang huruf-huruf Al-Qamariyah
-
Mengajak siswa memerhatikan contoh bacaan Al-Qamariyah
melalui media presentasi power point.
-
Mengajak peserta didik untuk mencoba melafalkan ayat-ayat
Al-Qur’an yang mengandung bacaan Al-Qamariyah
2. Elaborasi
-
Membagi kelas menjadi 5 kelompok
-
Memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk
mengidentifikasi bacaan Al-Qamariyah yang terdapat pada Surat Al-Qari’ah.
-
Meminta siswa untuk mendemostrasikan contoh-contoh bacaan
Al-Qamariyah
-
Meminta tanggapan kelompok lain
-
Guru mengklarifikasi tentang hukum bacaan Al-Qamariyah
3. Konfirmasi
-
Guru dan siswa bersama-sama untuk membuat kesimpulan
materi pelajaran
III.
Kegiatan Akhir
1. Guru
mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan
tanya jawab dan diskusi siswa.
2. Siswa
melakukan refleksi tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk memahami
materi.
Pertemuan Ke-3
I.
Pendahuluan
1. Salam dan
tegur sapa
2. Mengabsensi
siswa
3. Mengingatkan
kembali tentang hukum bacaan Al-Syamsiyah.dan Al-Qamariyah
II.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
-
Mengajak siswa untuk membuka Juz ’Amma/Al-Qur’an Surah Al-Adiyat
dan Ad-Duha.
-
Melakukan tanya jawab tentang bacaan Al-Qamariyah pada
Surat Al-Adiyat
-
Melakukan tanya jawab tentang huruf-huruf Al-Syamsiyah
pada Surat Ad-Duha
-
Mengajak siswa memerhatikan contoh bacaan Al-Syamsiyah dan
Al-Qamariyah pada Surat Al-Adiyat dan Ad-Duha
-
Mengajak peserta didik untuk mencoba melafalkan ayat-ayat
yang terdapat hukum Bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah
2. Elaborasi
-
Membagi kelas menjadi 2 kelompok, yakni kelompok ganjil
dan genap.
-
Memberikan tugas kepada masing-masing anggota kelmpok 1
(ganjil) untuk menulis kembali bacaan Al-Qamariyah yang terdapat pada Surat
Al-Adiyat.
-
Memberikan tugas kepada masing-masing anggota kelmpok 2
(genap) untuk menulis kembali bacaan Al-Syamsiyah yang terdapat pada Surat
Ad-Duha
-
Meminta siswa untuk mendemostrasikan contoh-contoh bacaan
Al-Qamariyah dan Al-Syamsiyah
-
Meminta tanggapan kelompok lain
-
Guru mengklarifikasi tentang contoh-contoh hukum bacaan Al
Syamsiyah dan Al-Qamariyah pada surah-surah Al-Qur’an.
3. Konfirmasi
-
Guru dan siswa bersama-sama untuk membuat kesimpulan
materi pelajaran.
III.
Kegiatan Akhir
1. Guru
mengidentifikasi masalah yang dialami siswa untuk memahami materi berdasarkan
tanya jawab dan diskusi siswa.
2. Siswa
melakukan refleksi tentang kesulitan belajar yang dihadapi untuk memahami
materi.
G.
Sumber Belajar
1.
Buku Materi PAI Kelas VII
2.
Al-Qur’an
3.
Buku tajwid
4.
File Media Presentasi Power Point
5.
LKS
H.
Penilaian
Bentuk Penilaian
1)
Tes Tertulis
2)
Penugasan
3)
Tes Unjuk Kerja
4)
Tes Pengamatan
Instrumen
Penilaian
1) TES TERTULIS
A.
Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang tepat!
Soal-soal Skor
1. Lafal اْليَتِيْمُ merupakan contoh bacaan …. 2
Jawab
: Al Qamariyah
2. Lafal الرَّحِيْمُ merupakan contoh bacaan …. 2
Jawab : Al Syamsiyah
3. Bacaan “Al” Qamariyah dalam melafalkan “Al” –nya
harus …. 2
Jawab :
jelas
4. Huruf-huruf س ش termasuk
huruf-huruf … 2
Jawab: syamsiyah
5. Huruf-huruf و م termasuk
huruf-huruf … 2
Jawab: qamariyah
B.
Jawablah pertanyaan berikut
dengan singkat dan jelas!
1. Jelaskan pengertian hukum bacaan “Al”
Syamsiyah! 10
Jawab:
Apabila ada huruf alif lam bertemu dengan huruf-huruf syamsiyah maka dibaca
Al Syamsiyah
2. Jelaskan pengertian hukum bacaan “Al”
Qamariyah! 10
Jawab:
Apabila ada huruf alif lam bertemu dengan huruf-huruf qamariyah maka
dibaca Al Qamariyah
3. Jelaskan perbedaan “Al” Syamsiyah dan
“Al” Qamariyah! 10
Jawab:
Al Qamariah berharakat sukun, sedangkan Al Syamsiyah berharakat tasydid
4. Sebutkan huruf-huruf Al Qamariyah! 10
Jawab:
أ
ب ج ح خ ع غ ف ق ك م
و هـ
ي
5. Sebutkan huruf-huruf Al Syamsiyah! 10
Jawab:
ت
ث د ذ ر ز س ش ص ض ط
ظ ل ن
Pedoman Pensekoran
|
2) PENUGASAN
Jenis :
Penugasan Terstruktur
Waktu : 1
Minggu
Carilah Hukum-hukum bacaan Al-Qamariyah dan
Al-Syamsiyah pada Surah Ad-Duha ayat 1 – 11 dengan langkah-langkah sebagai
berikut.
1. Buka Surat Ad-Duha dan
carilah kata-kata yang mengandung bacaan Al pada surah tersebut!
2. Tuliskan pada tabel
seperti beirkut.
No
|
Lafal
|
Jenis bacaan
|
Alasan
|
1
|
|||
2 dst
|
3. Masukkan kata-kata yang
mengandung bacaan al-Qamariyah maupun Al Syamsiyah pada kolom Lafal di
tabel tersebut!
4. Tentukan jenis bacaan
sesuai dengan lafal yang telah kamu tuliskan!
5. Berikan alasan mengapa
lafal tersebut dinamakan bacaan tersebut, seperti contoh berikut!
Contoh:
No
|
Lafal
|
Jenis bacaan
|
Alasan
|
1
|
اْليَتِيْمُ
|
Al- Qamariyah
|
Al bertemu
dengan huruf qamariyah yaitu ya’ ي
|
2 dst
|
Pedoman penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Mencari
lafal-lafal yang mengandung bacaan Al pada surah Ad-Duha dengan benar
|
||
2
|
Menuliskan
lafal-lafal tersebut pada tabel dengan benar
|
||
3
|
Menentukan jenis
bacaan pada lafal-lafal tersebut dengan benar
|
||
4
|
Memberikan
alasan yang tepat
|
||
5
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
q
Rubrik: Skor
5 jika semua YA
Skor 4 jika ada satu aspek TIDAK
Skor 3 jika ada dua aspek TIDAK
Skor 2 jika ada tiga aspek TIDAK
Skor 1 jika ada dua aspek TIDAK
3) TES UNJUK KERJA
Bacalah contoh-contoh ayat yang mengandung bacaan Al Syamsiyah
dan Al Qamariyah dengan baik dan benar!
No
|
Aspek yang
ditunjukkan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Membaca lafal
yang mengandung hukum bacaan Al Qamariyah dengan jelas
|
||
2
|
Dapat menentukan
jenis bacaan “Al Qamariyah” pada lafal tersebut
|
||
3
|
Membaca lafal
yang mengandung hukum bacaan Al Syamsiyah dengan melebur
|
||
4
|
Dapat menentukan
jenis bacaan “Al Syamsiyah” pada lafal tersebut
|
||
5
|
Dapat
menunjukkan alasan yang mendasari penentuan jenis bacaan tersebut
|
Rubrik penilaian
q
Hanya ada dua macam skor, yaitu skor 1 (lulus) dan skor 0 (gagal)
q
Skor (1) atau lulus diberikan jika semua aspek dilakukan dengan benar
q
skor (0) atau gagal jika salah satu dari aspek yang
diamati tidak dilakukan
4) PENGAMATAN
Pengamatan
dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung
Instrumen pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN KEGIATAN BELAJAR SISWA
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Materi yang diajarkan : Al Qamariyah dan Al Syamsiyah
Waktu : 3 x 2 jam pelajaran
No.
|
Ciri Perilaku Siswa dalam
Melaksanakan Kegiatan Belajar
|
Ada/Ya
|
Tidak ada
|
Keterangan
|
1.
|
Mencari dan memberikan
informasi
|
|||
2.
|
Bertanya kepada guru atau siswa lain
|
|||
3.
|
Mengajukan pendapat atau komentar kepada guru atau kepada siswa
|
|||
4.
|
Diskusi atau memecahkan masalah
|
|||
5.
|
Mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru
|
|||
6.
|
Memanfaatkan sumber belajar
yang ada
|
|||
7.
|
Menilai dan memperbaiki pekerjaannya
|
|||
8.
|
Membuat simpulan sendiri
tentang pembelajaran yang diterimanya
|
|||
9.
|
Dapat menjawab pertanyaan guru dengan tepat saat berlangsung KBM
|
|||
10.
|
Memberikan contoh dengan benar
|
|||
11.
|
Dapat memecahkan masalah dengan tepat
|
|||
12.
|
Ada usaha dan motivasi untuk mempelajari bahan pelajaran atau stimulus yang diberikan oleh guru
|
|||
13.
|
Dapat bekerja sama dan berhubungan dengan siswa lain
|
|||
14.
|
Menyenangkan dalam KBM
|
|||
15.
|
Dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru pada akhir
pelajaran
|
Keterangan:
No. 1 sampai dengan no. 8 ialah ciri proses.
No. 9 sampai dengan no. 15 ialah ciri hasil belajar.
Terima Kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa memberi komentar ya ...
Terima Kasih atas kunjungannya.
Jangan lupa memberi komentar ya ...
3 Komentar untuk "RPP PAI Kelas 7 Sem 1 (Al-Qamariyah dan Al-Syamsiyah)"
thanks
Terimakasih Pak,atas ilmunya
terima kasih